VIVALIFE

Siapkan Rencana Keuangan di Tahun 2011

Jika tak ingin kesalahan yang sama, mulailah benahi masalah keuangan Anda.
Minggu, 2 Januari 2011
Oleh : Finalia Kodrati, Lutfi Dwi Puji Astuti
Masalah keuangan

VIVAnews - Apakah Anda dan pasangan tahun ini merasa kacau dalam menangani masalah keuangan keluarga, atau selalu khawatir tabungan tak pernah bertambah? Dan apakah tahun depan Anda berfikir ingin terbebas dari beban utang?

Jika tak ingin membuat kesalahan yang sama di tahun depan, atur strategi keuangan Anda mulai saat ini. Buat daftar resolusi keuangan yang akan membantu Anda mencapai kebebasan finansial lebih besar dan mencapai target impian yang Anda dambakan.

Membuat perencanaan keuangan prioritas dan memahami kebutuhan yang penting perlu Anda lakukan. Ini akan menjadi langkah pertama untuk membuka jalan bagi Anda untuk mencapai tujuan yang Anda dan pasangan rencanakan. Berikut tipsnya seperti dikutip dari Times of India:


Libatkan keluarga dalam perencanaan keuangan.

Ajarkan anak-anak Anda prinsip-prinsip keuangan dan pentingnya perencanaan, karena hal ini akan mengajarkan mereka tentang pelimpahan tanggung jawab keuangan yang lebih besar di masa depan. Diskusikan dan debat tujuan keuangan Anda dengan pasangan Anda untuk tahun mendatang karena ini akan membantu Anda membuat rencana terpadu yang akan membantu Anda mencapai tujuan.

Pantau anggaran pengeluaran Anda.

Kurangi anggaran yang tak perlu dan investasikan pendapatan secara bijaksana. Ini akan membantu Anda mencapai tujuan Anda tanpa gangguan keuangan. Membuat daftar anggaran memungkinkan Anda untuk tahu persis berapa banyak Anda harus menghabiskan uang untuk hal penting dan hiburan.

Hapus utang kartu kredit dan pinjaman.

Anda akan membayar tingkat bunga yang lebih tinggi untuk keterlambatan. Alternatif lain adalah membuat rencana sehingga Anda bisa melunasi hutang-hutang dan berbagai macam cicilan, tanpa menciptakan krisis keuangan untuk diri sendiri.

Berhemat ketika mengeluarkan uang.

Anda tidak selalu harus membeli barang-barang mahal sepanjang waktu. Biasanya, ada alternatif yang dapat Anda pilih tanpa menghabiskan terlalu banyak anggaran. Dengan kata lain, jangan menjadi pembelanja impulsif.

Berinvestasi di tempat yang tepat.

Jika Anda mencari cara untuk berinvestasi, lebih baik pilih perencana keuangan bersertifikat. Ingat, tabungan hanya pendapatan dikurangi biaya. Setelah Anda memulai perencanaan investasi Anda, juga mulai merencanakan pendapatan dan biaya bersama.

Tidak semua yang Anda inginkan adalah suatu kebutuhan.

Membedakan antara dua dan sesuai rencana keuangan Anda. Memprioritaskan kebutuhan yang benar-benar penting akan lebih baik dari pada mementingkan keinginan.

Berpikir jangka panjang adalah penting.

Rencana investasi Anda berdasarkan kebutuhan masa depan Anda. Jangan hanya hidup untuk hari ini. Rencana keuangan Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan Anda saat Anda bertambah tua dan meningkatkan tanggung jawab Anda.

Menghindari jebakan hutang.

Sering kali, kita mengambil pinjaman untuk membiayai rumah impian besar atau mobil tanpa mempertimbangkan dampak dari pinjaman . Jika beban pinjaman menjadi terlalu besar, Anda tidak bisa menikmati hidup Anda sama sekali, karena Anda akan menggunakan uang Anda hanya membayar utang atau pinjaman.

Mulai rencanakan dana pensiun untuk diri sendiri.

Sementara Anda berpikir untuk mencapai berbagai tujuan yang Anda ingin nikmati untuk diri sendiri dan keluarga Anda, juga waktu yang tepat untuk berinvestasi beberapa sumber daya untuk masa depan Anda. Ketika Anda pensiun, Anda perlu untuk menikmati hidup dan tidak khawatir tentang bagaimana pengeluaran bulanan akan diurus.

Jangan tergiur dengan perkembangan mode fashion

Beli salah satunya yang menurut Anda benar-benar diperlukan dan hindari membeli barang-barang tak perlu karena pengaruh mode. Jika tidak penting, lebih baik hindari karena hal itu dapat merusak rencana keuangan masa depan.

TERKAIT
TERPOPULER