Cara Hollywood Membantu Sudan Selatan

George Clooney
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Tahukah Anda Sudan Selatan sedang berupaya memerdekakan diri dari Sudan? Publik Amerika Serikat saja baru tahu ketika George Clooney, seorang aktor Hollywood, membicarakannya di depan televisi nasional.

Dengan berpakaian sederhana, berkemeja safari dan celana jins, mantan pria terseksi sedunia ini berada di ibukota Sudan Selatan pada Sabtu kemarin. Di sini, Clooney mengingatkan tentang perjuangan daerah ini untuk merdeka.

Minggu 9 Januari 2011 ini, Sudan menggelar referendum untuk menentukan nasib Sudan Selatan. Dan Clooney mencoba membuat berita ini masuk halaman muka surat kabar di negerinya.

"Tugas kami adalah menjaga peristiwa ini masuk halaman depan berita," kata Clooney kepada The Associated Press. "Saya putra seorang jurnalis. Saya tahu bagaimana susahnya membuat berita berada di halaman depan dan kadang hiburan dan berita dapat dicampur untuk memastikannya."

Dan upaya Clooney lumayan berhasil. Setidaknya sudah dua kali aktor ini bertemu Presiden Barack Obama membicarakan Sudan. Dia juga sudah membujuk jurnalis-jurnalis dari NBC, CNN dan Newsweek untuk fokus membantu negeri yang ingin lepas dari kondisi kemiskinan dan peperangan di Sudan itu.

Clooney dan aktivis, Sudan, John Prendergast, membantu peluncuran Satellite Sentinel Project, yang membantu melacak pergerakan tentara secara real-time di Abyei, sebelah utara dari selatan Sudan, di mana konflik bersenjata terjadi. "Kami paparazzi antigenosida," kata Clooney.

Clooney bukan yang pertama melakukan tindakan semacam ini. Aktor-aktor Hollywood lainnya seperti Sean Penn telah melakukan di Haiti, Ben Affleck di Kongo, atau Angelina Jolie di banyak negara. Bahkan Bono, vokalis U2, pernah dinominasikan mendapat Nobel Perdamaian karena kerja amalnya di Afrika.

Bahkan juga ada laman khusus yang memadukan Hollywood dengan dunia amal, www.looktothestars.org. Ada 2.300 selebriti dan 1.600 kegiatan amal yang mereka bantu.

"Bayangkan ada orang mendatangimu di jalanan dan berkata, 'ada orang di pojok sana memberi makan pada tuna wisma. Lihat dan bantulah.'

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

"Sekarang bayangkan bahwa orang yang menolong di pojok itu adalah George Clooney," kata Myrlia Purcell, penggagas www.looktothestars.org.

Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Banjir bandang yang merendam Dubai, Uni Emirat Arab pada 16 April 2024, berdampak pada penerbangan beberapa maskapai menuju Bali.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024