Antioksidan Tingkatkan Kesuburan Pria

Ibu hamil
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews – Bagi pasangan yang ingin segera mempunyai  momongan, sekarang waktunya untuk mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti vitamin E dan zinc. Terapi ini, menurut penelitian, ternyata sangat bermanfaat, khususnya untuk meningkatkan kesuburan pria.

Ini merupakan hasil studi yang dilakukan para peneliti dari The Cochrane Library terhadap lebih dari 1.000 pasangan di klinik kesuburan, yang sebagian besar responden pria memiliki jumlah sperma yang tergolong rendah.

Kesimpulan studi mengungkapkan, mengonsumsi antioksidan dapat mempengaruhi kesuburan satu dari 12 pria sehingga pasangan wanitanya bisa hamil.

Kendati demikian, tidak semua pakar langsung setuju bahwa dengan mengonsumsi antioksidan lalu bisa langsung meningkatkan kesuburan pria. Seorang pakar di Inggris menyarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya lagi.

Masalah ketidaksuburan pada pria dikenal dengan sebutan Subfertility Male, kondisi saat seorang pria berjuang agar pasangannya bisa hamil.

Seperti dikutip dari laman BBC, beberapa klinik kemudian menganjurkan penggunaan antioksidan, yaitu bahan kimia alami dan sintetik, termasuk vitamin dan mineral tertentu.

Penggunaan antioksidan didasarkan pada teori bahwa radikal bebas, sangat reaktif pada atom dengan jumlah elektron ganjil, dapat merusak DNA sperma yang sangat penting untuk menciptakan embrio. Hasilnya bisa menurunkan jumlah sperma dan gangguan kemampuan untuk membuahi telur.

Tapi, kata Dr Allan Pacey dari University of Sheffield, “Pria yang berpikir untuk melakukan terapi antioksidan dapat melakukan konsultasi dengan dokter. Terapi hanya boleh dilakukan jika memang disarankan oleh dokter.”

Peneliti Marian Showell dari University of Auckland di Selandia Baru menambahkan mengonsumsi suplemen antioksidan oral memang mendorong kesempatan pasangan untuk hamil saat menjalani perawatan kesuburan.

"Ketika mencoba untuk memahami sebagai bagian dari program reproduksi bantuan, mungkin disarankan untuk mendorong orang untuk mengambil antioksidan oral dengan suplemen untuk meningkatkan peluang pasangan mereka menjadi hamil," kata Marian.

Kendati demikian, Marian mengakui bahwa memang bukti manfaat langsung antioksidan terhadap kesuburan pria masih terbatas. (pet)

Survei BI Ungkap Keyakinan Konsumen Akan Ekonomi Indonesia Naik
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan sengketa Pilpres 2024 di MK

Serahkan Kesimpulan Hari Ini, Yusril Yakin MK Tolak Gugatan Kubu Anies dan Ganjar

Ketua tim hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menyinggung kubu Anies dan Ganjar yang tak bisa buktikan dalil permohonannya di sidang MK.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024