Deteksi Kanker Lewat Endusan Anjing Labrador

Anjing labrador coklat
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Labrador retriever bukan sekadar anjing peliharaan penjaga rumah, tapi dapat menjadi alat untuk mendeteksi potensi kanker. Hewan berpenciuman tajam ini diyakini mampu mengendus bahan kimia yang dilepaskan sel kanker ke napas dan kotoran manusia.

Sebuah penelitian yang dipimpin Dr Hideto Sonoda dari Kyushu University mengungkap keberhasilan Marine, seekor anjing labrador retriever betina usia delapan tahun, mendeteksi kanker usus besar dengan tingkat akurasi 98 persen.

Sebelumnya, anjing ini juga membuktikan kemampuannya mendeteksi kanker kulit, kandung kemih, paru-paru, payudara, dan ovarium. Di Perancis, penelitian serupa juga memperlihatkan keberhasilan anjing mendeteksi kanker prostat melalui sampel urin penderita.

"Kanker memang memiliki bau khas, tapi senyawa kimiawinya tidak jelas. Hanya anjing tahu benar jawaban yang tepatnya," kata Sonoda yang memublikasikan temuannya di Jurnal Gut edisi 31 Januari, seperti dikutip dari HealthDay.

Dalam penelitiannya, Sonoda meminta Marine memilih satu dari lima sampel napas manusia, yang salah satunya menderita kanker usus besar. Dari total 36 kali percobaan yang diulang, anjing betina itu berhasil memilih sampel napas penderita kanker usus besar sebanyak 33 kali.

Dalam 38 kali percobaan serupa dengan sampel feses, Marine berhasil memilih sampel feses penderita kanker usus besar sebanyak 37 kali. Artinya, hanya satu kali anjing warna hitam itu salah memilih. "Ini tingkat akurasi tinggi untuk mendeteksi kanker dini," ujarnya.

Sonoda mengakui bahwa mungkin sulit menggunakan anjing dalam praktik medis. Yang bisa dilakukan adalah mengidentifikasi aroma senyawa khas yang dilepas sel kanker, dan mengembangkan sensor elektronik yang bisa menggantikan kemampuan indera penciuman anjing. "Tapi ini masih butuh riset yang lama," katanya.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Baca juga: Kontroversi Pesta Sushi di Tubuh Wanita

Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024