« Kembali
Kenali Lima Gejala Rematik
Gejalanya bisa muncul kemudian menghilang lalu muncul lagi di area tubuh yang lain.
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Selasa, 15 Februari 2011, 09:25 WIB
Gejala rematik (inmagine.com)
Gejala rematik (inmagine.com)

VIVAnews - Rheumatoid arthritis (RA) atau dikenal dengan radang sendi adalah penyakit autoimun serius yang menyerang sendi dan bagian tubuh lainnya. Penyakit ini bisa sangat sulit untuk didiagnosis.

Itu karena gejalanya bisa meniru penyakit lain atau muncul kemudian menghilang lalu muncul lagi di area tubuh yang lain. Untuk itu, ada baiknya jika Anda juga mengenali gejala penyakit yang juga sering disebut rematik ini.

Berikut ini lima gejala umumnya, seperti dilansir dari www.huffingtonpost.com

1. Mati rasa atau kesemutan di tangan
Salah satu gejala rheumatoid arthritis adalah carpal tunnel syndrome. Hal ini ditandai dengan kesemutan di pergelangan dan telapak tangan. dr Lisa Mandl, asisten rheumatologis di Hospital for Special Surgery, New York, mengatakan gejalanya akan makin parah saat malam hari.

2. Sulit sembuh dari cedera
Seringkali Anda mengira mengalami cedera, seperti mata kaki terkilir, padahal sebenarnya terkena radang sendi. Hal ini menurut dr Lisa lebih umum terjadi pada orang muda.

3. Masalah kaki
Salah satu area kaki yang sering dihubungkan dengan RA adalah peradangan kaki di bagian depan. Gejala ini sering dialami wanita, yang kemudian berhenti memakai sepatu tumit tinggi dan memeriksakan kakinya karena nyeri luar biasa di bagian depan. Beberapa orang dengan RA juga dapat merasakan sakit di tumit karena plantar fasciitis, yaitu gangguan kaki yang disebabkan oleh pembengkakan jaringan di bagian tungkai bawah, dekat tumit.

4. Masalah mata
Orang dengan rematik juga berisiko mengalami sindroma Sjogrens, yaitu gangguan autoimun yang menyebabkan kekeringan pada mulut, mata, tenggorokan, hidung, atau kulit. Itu karena peradangan menyebabkan menghentikan kelenjar memproduksi kelembaban alami.

5. Sendi kaku pada pagi hari
Gejala ini adalah gejala umum dari osteoarthritis. Penyebabnya bisa jadi karena tidak beraktivitasnya tubuh dalam waktu lama seperti tidur. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa rasa sakit osteoarthritis biasanya mereda dalam waktu sekitar setengah jam. Tetapi, kekakuan akibat rheumatoid arthritis akan berlangsung lebih lama lagi, mungkin selama setengah hari. (umi)

• VIVAlife   |   Share :  
  • 00927623
    20/01/2012
       Laporkan
    rematik memang sangat mengganggu, tapi pernah ada teman saya yang pakai minyak obat mas,serta diet tidak makan makanan yang pedas, sekarang sudah baikan, semoga bermanfaat.. | via VIVAnews
  • anisa
    04/04/2011
       Laporkan
    Hampir sama seperti yang saya rasakan,tapi ada obatnya yang manjur | via VIVAnews
  • kingjulien
    15/02/2011
       Laporkan
    penyebabnya apa ya? | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id