Makan Cokelat Sama Baiknya dengan Buah?

Wanita makan cokelat.
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVAnews - Menggigit sebatang atau dua batang cokelat hitam sama manfaatnya seperti mengonsumsi segelas jus buah. Para peneliti mengklaim bahwa cokelat mengandung bahan kimia penghilang kanker.

Seperti dikutip dari Metro.co.uk, baik cokelat hitam maupun cokelat biasa memiliki aktivitas antioksidan penghilang kanker dan flavanol lebih dari buah.

Dr Debra Millar, dari Pusat Hershey untuk Kesehatan dan Gizi, di Pennsylvania, menulis: "Secara alami cokelat bubuk, cokelat hitam memiliki jauh lebih besar nilai TF (flavanol total) daripada bubuk buah dan jus buah lainnya setelah diuji masing-masing," ungkapnya.

Perbandingan yang dibuat antara porsi tunggal cokelat gelap, cokelat, campuran cokelat panas dan jus buah.

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.

Antioksidan, yang meliputi flavanols, menetralkan molekul yang merusak yang disebut radikal bebas dan dipercaya untuk memerangi penyakit jantung dan kanker.

Konsultan gizi, dr Carina Norris mendukung beberapa klaim Hershey namun memperingatkan bahwa gagasan yang menyatakan bahwa cokelat lebih sehat dari buah 'terlalu bagus untuk menjadi kenyataan'.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan kakao tinggi dalam antioksidan dan flavanols, dapat membantu melawan penyakit jantung dan kanker," ucap Norris.

"Kakao memang bisa dianggap sebagai makanan kesehatan tetapi Anda tidak bisa mengatakan cokelat benar-benar lebih bagus dari buah, karena cokelat juga mengandung hal-hal negatif seperti lemak dan gula," tambahnya.

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 20

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024