Nelly Furtado Donasikan Bayaran Khadafi

Nelly Furtado
Sumber :
  • (AP Photo/Gus Ruelas)

VIVAnews - Penyanyi Kanada Nelly Furtado mengumumkan akan mendonasikan uang sejumlah US$1 juta yang diterimanya dari keluarga pemimpin Libya, Muammar Khadafi.  Melalui akun twitter miliknya, Furtado menyebutkan bahwa uang itu ia terima sebagai imbalan atas pertunjukan pribadinya di hadapan Khadafi pada tahun 2007.

Furtado tidak mengatakan lebih lanjut, dengan cara apa ia akan mendonasikan uangnya tersebut.  “Pada 2007, saya menerima US$1 juta dari keluarga Khadafi atas pertunjukan selama 45 menit untuk tamu-tamu (Khadafi) di sebuah hotel di Italia.  Sekarang saya akan mendonasikan uang itu,” tulis Furtado di Twitter hari ini, seperti dikutip dari AOL News.

Seperti dilaporkan Rolling Stone, beberapa tahun belakangan ini, sejumlah artis diketahui menerima sejumlah besar uang untuk menampilkan pertunjukan pribadi bagi Khadafi dan keluarganya.  Tahun 2008 misalnya, bintang R&B Beyonce dan Usher dikabarkan menyuguhkan hiburan di pesta Tahun Baru putra Khadafi, Muatassim, yang digelar di St Barts, salah satu pulau di perairan Karibia.

Setahun sebelumnya, ratu diva Mariah Carey juga disebut menerima US$1 juta dari keluarga Khadafi untuk menyanyi pada malam pergantian tahun.  Tahun 2005, 50 Cent pun pernah menampilkan pertunjukan untuk Muatassim Khadafi pada sebuah festival film.

Kini setelah Khadafi diduga kuat melakukan genosida terhadap rakyat negaranya sendiri, artis-artis tersebut mendapat tekanan untuk mendonasikan uang bayaran mereka yang berasal dari pesta-pesta keluarga Khadafi yang dikenal mewah dan luar biasa boros.

Rezim Khadafi dituduh membunuh sekurang-kurangnya 1.000 warganya sendiri, sebagai upaya untuk menumpas demonstrasi anti-pemerintah yang berlangsung besar-besaran di Libya.  Tragedi berdarah ini mengingatkan pada insiden pemboman pesawat Pan Am yang menewaskan 270 orang pada tahun 1988.  Pemboman itu diperintahkan oleh Khadafi sendiri.

“Donasi-donasi untuk kemanusiaan itu diharapkan dapat membantu orang-orang yang menderita di tangan rezim Khadafi,” ujar agen Arcade Fire, David T Viecelli, kepada para artis yang pernah menggelar pertunjukan untuk Khadafi. (umi)

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23
NewJeans

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Semua mata tertuju pada ADOR dan HYBE saat Min Hee Jin menyerukan konferensi pers pada 25 April. Min Hee Jin mengaku berkonsultasi dengan dukun tentang BTS.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024