Anak Lebih Sehat Berkat Hewan Peliharaan

Anak SD Mengenal Hewan
Sumber :
  • U Report

VIVAnews - Para ilmuwan dari St George's University of London menyarankan orangtua memelihara hewan peliharaan di rumah. Memiliki hewan semacam anjing dan kucing membantu mengurangi risiko obesitas termasuk pada anak.

Sebuah studi dari 78 sekolah di kota utama Inggris menemukan anak-anak yang memiliki anjing peliharaan di rumah lebih aktif daripada mereka yang tidak. Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan melakukan aktivitas fisik lebih banyak.

Namun, peneliti masih belum yakin tentang sebab akibat kondisi itu. Apakah keluarga yang lebih aktif cenderung ingin memiliki hewan peliharaan, atau justru memiliki hewan peliharaan membuat keluarga lebih aktif.

"Ini sedikit pertanyaan seperti ayam dan telur. Untuk itu studi jangka panjang diperlukan untuk menjawab itu, " kata Christopher Owen, dosen senior di epidemiologi di St George's seperti dikutip dari BBC.

Dalam penelitiannya, mereka melibatkan 2.000 keluarga dengan anak usia 9 dan 10 tahun di London, Birmingham dan Leicester. Sekitar satu dari 10 keluarga tersebut memiliki hewan peliharaan di rumah. Mereka mengukur tingkat aktivitas, seperti jumlah langkah berjalan dan waktu yang dihabiskan dengan aktivitas fisik.

Ini menemukan gambaran yang konsisten untuk kedua anak laki-laki dan perempuan pada hari kerja dan akhir pekan. Anak-anak dalam keluarga yang memelihara anjing memiliki tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi.

Kondisi itu mungkin terkait kebiasaan mengajak jalan-jalan hewan peliharaan atau sekadar bermain di rumah sambil menonton televisi. "Aktivitas tubuh yang makin meningkat memberi efek positif yang signifikan pada kesehatan anak-anak jangka panjang, seperti mengurangi risiko obesitas dan diabetes," kata Dr Owen.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024