Pijat, Atasi Stres Sampai Rasa Sakit

Pijat
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Pijat merupakan salah satu cara mendapatkan relaksasi yang dilakukan kebanyakan wanita. Tak hanya untuk memanjakan diri, pijatan punya sejuta manfaat kesehatan. Mulai dari mengatasi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai mengurangi rasa sakit.

Pijatan selama 30 menit, bila diterapkan dengan baik, semua manfaatnya akan bekerja untuk Anda. Untuk itu, penjelasan berikut ini dapat Anda jadikan pedoman sebelum datang ke terapis pijat, dikutip dari Shine:

Carilah terapis yang tepat

Pilih terapis pijat bersertifikat. Tapi, bila hanya ingin sekedar relaksasi, Anda bisa saja datang ke spa. Kebanyakan tempat spa juga memberikan layanan pijat yang  bermanfaat untuk relaksasi tubuh.

Sedangkan bila Anda ingin meringankan otot leher yang kaku, ada baiknya pilih terapis pijat yang ahli. Seperti halnya di Swedia, di sana ada terapi pijat dasar seperti Shiatsu.

Menjelaskan masalah

Sebelum pijat dimulai, semua bagian tubuh Anda yang sakit dan sensitif kepada terapis pijat. Dengan demikian, dia tahu bagaimana memberikan pijatan yang tepat.

Menurut Leena Guptha, mantan President American Massage Therapy Association, terapi pijat kebanyakan tidak menyakitkan, meskipun ada sedikit tekanan. Terapi ini mungkin akan membuat pasien sedikit tidak nyaman, terutama yang baru pertama kali melakukannya.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Pilih produk pijat yang sesuai

Jika Anda khawatir minyak pijat yang dimiliki para terapis tidak cocok dengan kulit, Anda bisa membawa lotion atau minyak pijat sendiri. Ini perlu dilakukan bagi yang memiliki kulit sensitif, hidung sensitif, atau kondisi seperti eksim atau psoriasis.

Pilihan lain, sebelum pijat minta terapis menunjukkan produknya dan mendiskusikan pilihan yang benar-benar cocok untuk Anda. "Ada puluhan produk pijat tersedia untuk berbagai jenis pijat, dan terapis Anda harus memiliki beragam produk pijat untuk dipilih," kata Guptha.

Tunda pijat bila sedang flu

"Tunda pijat jika Anda merasa dingin atau migrain datang," kata Guptha. "Pijat akan merangsang sirkulasi Anda, yang dapat membuat Anda merasa lebih buruk."

Jika Anda sedikit pengap atau hanya merasa sulit untuk bernafas ketika berbaring tertelungkup, mintalah berbaring menyamping. Seorang terapis berpengalaman dapat melakukan teknik yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Atau dia dapat melakukan pijatan hanya di bagian punggung atas, leher, dan bahu dalam posisi duduk.

Pijat saat menstruasi, tidak masalah

Tidak ada alasan medis untuk menghindari pijat selama masa haid. Guptha mengatakan pijat bahkan dapat meredakan gejala PMS seperti kram dan sakit punggung. Namun jika Anda khawatir akan terjadi pendarahan berat, sebaiknya tunggu dulu sampai beberapa hari. (umi)

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024