TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Cara Mudah Cegah Gangguan Asam Lambung

Agar Anda tak selalu tersiksa asam lambung, ketahui cara mudah mengatasinya.
Cara Mudah Cegah Gangguan Asam Lambung
Sakit Perut (inmagine.com)

VIVAnews - Kondisi peningkatan level asam lambung memang sangat mengganggu. Hal ini terjadi ketika pengeluaran (sekresi) asam berlebihan dalam kelenjar lambung.

Ketika sekresi terjadi lebih dari biasanya, dada akan terasa panas atau sering disebut heartburn. Konsumsi makanan pedas seringkali jadi pemicunya. Agar Anda tak tersiksa asam lambung, ketahui cara mudah mencegah dan mengatasinya, seperti dilansir dari Times of India.

- Hindari soda dan kafein
Untuk sementara, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda dan kafein. Keduanya memicu produksi asam lambung. Minum saja teh herbal atau susu hangat sebagai gantinya.

- Air hangat
Perbanyak konsumsi air hangat. Minumlah segelas air hangat setiap pagi setelah bangun tidur.

- Konsumsi buah

Pisang, semangka, mentimun adalah buah yang bisa mengurangi produksi asam lambung. Sebaiknya Anda konsumsi buah-buahan tersebut setiap hari.
 
- Waktu makan sebelum tidur
Sebaiknya Anda makan dua atau tiga jam sebelum tidur. Ini untuk mengurangi risiko sekresi asam lambung berlebihan.
 
- Jangan menunda makan
Jarak yang lama antara waktu makan juga pemicu asam lambung. Sebaiknya jangan menunda makan. Lebih baik konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tetapi lebih sering daripada jarak waktu makan sangat lama.

- Permen karet
Cobalah mengunyah permen karet untuk merangsang produksi saliva (air liur). Saliva membantu perpindahan makanan melalui saluran esophagus dan bisa meredakan   heartburn.

- Jahe
Jahe sangat efektif untuk meredakan masalah pencernaan. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam masakan, bubuk atau kapsul. (pet)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP