TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Alergi Pakaian Dalam Hingga Ponsel

Jenis alergi berikut ini cukup langka, dan seringkali cukup berbahaya bagi kesehatan.
Alergi Pakaian Dalam Hingga Ponsel
Alergi ponsel  (dok. Corbis)

VIVAnews – Mendengar seseorang mengalami alergi makanan atau alergi debu sudah sangat biasa. Tapi, pernahkah mendengar seseorang mengalami alergi air atau seks?

Atau, pernahkah membayangkan bagaimana seseorang bila mengalami alergi terhadap olahraga, ponsel, matahari, bahan sepatu, cokelat, dan pakaian dalam? Seperti apa alergi langka itu, artikel berikut ini akan mengulasnya satu persatu untuk memberikan pemahaman lebih jelas, dikutip dari laman Shine.

Air
Percaya atau tidak, beberapa orang di dunia ini benar-benar alergi terhadap air. Urtikaria Aquagenic adalah suatu kondisi langka di mana suhu air bisa menjadi penyebab gatal-gatal, bahkan sangat gatal dan menyakitkan. Adanya reaksi ini membuat banyak dokter bingung, pasalnya pengobatan yang efektif belum ditemukan.

Mereka yang mengalami kondisi ini membuat aktivitas mandi dan berenang sebagai kegiatan menakutkan.

Sperma
Kelainan ini dikenal banyak orang dengan nama seminal plasma hypersensitivity, kondisi ini melibatkan reaksi fisik yang negatif terhadap cairan mani seorang pria. Gejala yang ditimbulkan termasuk gatal-gatal, bengkak dan kesulitan bernapas. Namun, masalah ini bisa diobati hanya dengan menggunakan kondom saat berhubungan. Penggunaan kondom sangat penting bagi penderita untuk mencegah sperma bersinggungan langsung dengan kulit.

Olahraga
Mungkin terasa aneh jika seseorang alergi terhadap olahraga. Anaphylaxis and urticaria adalah kelainan yang biasa dialami oleh mereka yang alergi terhadap kegiatan olahraga. Gejalanya bisa berupa gatal-gatal dan masalah gastrointestinal untuk anafilaksis yang mengancam jiwa. Pilihan pengobatan termasuk berpantang dari aktivitas fisik dan minum obat seperti antihistamin.

Alergi matahari
Rasanya seperti sedang terbakar saat terkena paparan sinar matahari. Alergi ini merupakan reaksi sistem kekebalan terhadap sinar matahari yang sering membuat penderitanya mengalami sakit kepala, ruam gatal dan mual, tetapi juga dapat menyebabkan gejala separah lecet dan pendarahan di bawah kulit.

Dalam kasus ekstrem, hanya beberapa menit terkena paparan sinar matahari, alergi ini akan terjadi. Jadi, penting bagi penderitanya untuk menghindari matahari dan selalu melindungi kulit dengan tabir surya.

Ponsel
Sulit rasanya untuk menghindar dari alat teknologi seperti ponsel, wi-fi, dan TV . Tetapi bagaimana jika Anda harus menjauhinya? Orang yang menderita alergi yang disebut electrosensitivity ini kebanyakan mengeluh migrain, ruam, dan nyeri dada, ketika berdekatan dengan medan elektromagnetik.

Bahan sepatu
Mereka yang mengalami alergi sepatu akan mudah mengalami luka di kaki, termasuk peradangan pada kulit yang menyakitkan serta masalah kulit pecah-pecah. Semua ini bisa disebabkan oleh lem, resin dan bahan lainnya yang digunakan untuk memproduksi sepatu.

Keringat di kaki akan lebih memperburuk situasi. Untuk merasa lebih baik, orang-orang dengan alergi sepatu sering menemukan alas kaki yang telah melalui proses uji coba atau menggunakan kaos kaki untuk membatasi kontak dengan bahan-bahan pemicu alergi.

Pakaian dalam
Seperti sepatu, ternyata pakaian dalam juga ada yang mengandung bahan kimia sehingga menyebabkan iritasi kulit orang yang ultra-sensitif. Untuk menghindari reaksi kulit, orang yang terkena alergi harus mencari bahan pakaian yang aman.

Cokelat
Sebagian orang sangat gemar cokelat, namun sebagian lagi ada yang berusaha menghindarinya. Kondisi ini bisa dibilang langka, cokelat dapat memicu reaksi alergi, termasuk sakit kepala, gatal-gatal atau kesulitan bernapas. Sebab, cokelat terdiri dari berbagai bahan, bukan hanya kakao tapi juga susu, kacang dan lesitin kedelai yang juga dapat memicu alergi. (pet)

Baca juga: Wanita Ini Memiliki Kaki Raksasa

- Nenek Termuda di Dunia Berusia 23 Tahun

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP