TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Cara Sederhana Hemat Air ala Farhan

Presenter ini sempat merasakan sulitnya mendapatkan air bersih.
Cara Sederhana Hemat Air ala Farhan
Air bersih (deviantart.com)

VIVAnews - Manusia tak akan pernah bisa hidup tanpa air. Beragam manfaatnyapun dapat memengaruhi sejumlah aktivitas vital manusia untuk bisa bertahan hidup. Maka tak heran, banyak orang berusaha melakukan penghematan air, apalagi kini, keberadaan air bersih yang layak menjadi sesuatu yang langka.

Menyadari kelangkaan air, presenter dan juga penyiar radio, Farhan selalu menerapkan disiplin hemat air dalam keluarganya. Apalagi dalam sejarah kehidupannya, Farhan pun sempat merasakan sulitnya mendapatkan air bersih.

“Dulu, untuk mendapatkan air bersih saya harus menimba dulu, bahkan saat rumah saya diterjang banjir. Akses untuk mendapatkan air bersih pun sangat sulit. Sadar dan peduli tentang keberadaan air bersih, saya pun menerapkan disiplin hemat air dalam keluarga,” katanya saat ditemui di acara Program Kampanye Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air (KRUHA) yang digelar di Cafe Au Lait, Cikini, Jakarta , Selasa 15 Maret 2011.

Untuk mendukung kampanye ini sebagai bagian dari peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh setiap 22 Maret, Farhan mengaku, anak-anak pun mulai dilatih untuk belajar hemat air. Kedua anaknya, Muhammad Ridzky Khalid (11), dan Muhammad Bisma Wibisana (2) mulai dilatih hemat air dengan membatasi penggunaan air saat mandi.

“Ini sebagai pelajaran awal untuk anak-anak agar bisa hemat air. Bahkan saya pun tidak punya kolam renang. Jadi kalau anak-anak mau main air lebih baik saya mengajak mereka ke kolam renang umum,” katanya.

Tak hanya itu, Farhan juga menerapkan mandi dengan shower pada seluruh anggota keluarganya. Bahkan, karena khawatir air terbuang sia-sia, bak air pun hanya ada satu di rumahnya. Termasuk juga untuk membersihkan kandang-kandang hewan peliharaan, Farhan juga memanfaatkan air bekas cuci baju. Menurutnya, meski limbah, air deterjen bekas cuci baju selain bermanfaat untuk membersihkan kotoran hewan, juga bermanfaat mengusir virus H5N1 yang berbahaya.

“Untuk cuci mobil dan cuci motor ada waktunya sendiri. Di saat orang-orang rumah tidak menggunakannya untuk mandi, maka air boleh dipakai untuk mencuci mobil, Waktunya mulai malam hari hingga pukul 04.00 subuh.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP