« Kembali
Keajaiban Daun Rosemary
Mulai dari peningkat daya ingat, peregang otot, hingga pencegah kanker.
Mutia Nugraheni
Kamis, 5 Mei 2011, 08:01 WIB
Daun Rosemary (inimagine.com)
Daun Rosemary (inimagine.com)

VIVAnews - Aroma dan rasa yang khas dari daun rosemary, membuatnya jadi bumbu wajib dalam hidangan mediterania. Terlepas fungsinya sebagai bumbu, daun bernama latin rosmarinus officialis ini, juga bermanfaat bagi kesehatan.

Sejak zaman dahulu, rosemary dimanfaatkan sebagai obat herbal. Zat-zat yang terkandung dalam daun tersebut memiliki manfaat positif bagi tubuh.

Berikut lima manfaat daun rosemary bagi kesehatan, yang dilansir dari Health.com:

Meningkatkan daya ingat
Perlu menghapal pidato atau bahan presentasi? Hirup saja aroma rosemary. Menurut penelitian yang dipublikasi dalam International Journal of Neuroscience, menghirup rosemary membuat daya ingat jadi lebih baik.

"Aroma rosemary mengandung senyawa yang berhubungan dengan sistem neurotransmitter, terkait dengan memori," kata penulis utama studi tersebut, Mark Moss, PhD, kepala departemen psikologi di Northumbria University, Inggris.

Mengatasi kembung
Saat minum teh atau air hangat campurkan sedikit rosemary. Cara ini bisa membantu mengatasi kembung dengan mengurangi tertahannya air.

Menyehatkan kulit kepala
Kulit kepala terasa kering dan gatal? Ranella Hirsch, asisten profesor dermatologi di Boston University School of Medicine, menyarankan untuk menggunakan minyak rosemarry di kulit kepala. Itu karena minyak tersebut bisa meningkatkan sirkulasi darah yang bisa mengatasi kulit kepala gatal dan kering.

Cukup campurkan 1/4 gelas madu, 1/4 gelas minyak zaitun dan tiga tetes minyak rosemary. Hangatkan minyak tersebut, tetapi jangan sampai terlalu panas. Lalu, pijat kulit kepala dengan campuran minyak. Setelah itu, tutup rambut dengan handuk dan diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan sampo.

Meregangkan otot
Anda juga bisa memanfaatkan daun rosemary untuk meregangkan otot. Menurut Trisha Shirey, pemilik Lake Austin Spa di Texas, rosemary mengandung zat yang bisa mengurangi ketegangan otot.

Caranya cukup dengan mencampurkan 1/4 gelas garam laut, irisan daun rosemary segar, tiga sendok makan minyak zaitun dan tiga tetes minyak esensial rosemary. Pijat bagian otot yang tegang dengan ramuan tersebut.

Pencegah kanker
Tambahkan selalu rosemary pada steak atau makanan yang dibakar. Itu karena rosemary mengandung antioksidan yang bisa mengurangi level zat karsinogen pada makanan yang dibakar hingga 92 persen. Zat karsinogen merupakan pemicu kanker. Cukup taburkan sedikit rosemary yang telah diiris pada menu makanan bakar Anda. (pie)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id