Tubuh Langsing Bebas Stres

Wanita Gemuk
Sumber :
  • doc.Corbis

VIVAnews - Olahraga dapat meningkatkan mood saat menjalani aktivitas sehari-hari. Namun tak semua olahraga. Hanya jenis olahraga berat saja yang dapat membantu meningkatkan mood.

Para peniliti menarik kesimpulan setelah mempelajari 11 orang yang diminta untuk melakukan olahraga selama 20 menit. Terbagi dalam dua grup, yang pertama melakukan olahraga berat, yang kedua melakukan olahraga ringan.

Pengukuran mood dilakukan pada saat sebelum, selama, dan sesudah responden berolahraga.

Mereka menemukan, tidak ada perubahan mood pada responden yang melakukan olahraga ringan. Sedangkan responden yang melakukan olahraga berat dalam 20 menit merasakan napasnya terengah-engah dan otot terbakar. Namun, mereka memiliki perasaan yang lebih positif.

"Hasil ini berimplikasi pada intensitas latihan yang direkomendasikan untuk menghasilkan peningkatan mood," ujar Nickolas Smith dari Departemen Ilmu Olahraga, Universitas Manchester, Inggris, seperti dilansir dari Telegraph.

Peneliti yang terdiri dari para psikiater percaya bahwa mood meningkat setelah olahraga berat. Fenomena ini dikenal dengan 'runner's high' karena memicu pelepasan hormon bahagia atau endorfin, yang membantu memperbaiki suasana hati.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024