Perbedaan Marah Si 'Venus dan Mars'

Ilustrasi Marah
Sumber :
  • www.iluvislam.com

VIVAnews - Kemarahan merupakan salah satu emosi dasar manusia. Meski begitu, ada perbedaan cara meluapkan kemarahan di antara dua gender, pria dan wanita. Lingkungan sekitar juga berbeda menilai kemarahan pria dan wanita.

Percobaan dilakukan para ahli menunjukkan kedua jenis kelamin memiliki mekanisme yang sama untuk mengekspresikan emosi negatif. Namun, seperti dimuat dalamĀ  jurnal Science, pria dan wanita menunjukkan kemarahan dengan cara berbeda.

Hasilnya, wanita cenderung merasa malu memperlihatkan kemarahan mereka. Sedangkan pria menganggapnya sesuatu yang wajar.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Seperti dikutip dari Genius Beauty, secara khusus psikolog membuktikan bahwa pria yang marah membuat kesan yang kuat pada orang lain. Masyarakat menilai pria yang sedang marah sebagai seorang dengan gaya yang aktif. Sebaliknya, kemarahan seorang wanita diartikan sebagai seorang yang perangai buruk.

Kesimpulan tersebut didasarkan pada sebuah percobaan sederhana. Kedua jenis kelamin yang disewa diminta menuntut kenaikan gaji kepada atasan. Para relawan diminta mengevaluasi perilaku mereka.

Mayoritas responden merasa bahwa marah pria merepresentasikan ketegasan, kekuatan, dan tekad. Tetapi para wanita yang menuntut kenaikan gaji dengan suara yang tinggi disebut sebagai pengganggu, tidak bisa mengendalikan diri, histeris dan tidak kompeten. (sj)

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024