Forbes: Lady Gaga Seleb Paling Berpengaruh

Lady Gaga
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Kiprah Lady Gaga dalam industri musik dunia memang fenomenal. Bintang kelahiran 28 Maret 1986 ini langsung disejajarkan dengan penyanyi papan atas. Maka. tidak salah jika tahun ini majalah Forbes menempatkan Gaga sebagai selebritis paling berpengaruh di dunia.

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Dalam daftar yang diumumkan pada Kamis 18 Mei 2011, Gaga berhasil menggeser pembawa acara talkshow terkemuka Oprah Winfrey. Padahal, sebelumnya Oprah menduduki posisi tersebut selama empat tahun berturut-turut.

"Lady Gaga mengalahkan Oprah tahun ini karena ia memiliki kekuatan sosial media. Ia [Gaga] memanfaatkan Twitter dan Facebook untuk membawa  'little monsters' [panggilan Gaga untuk penggemarnya] pada kegilaan yang berujung pada rekor penjualan dan perhatian media.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Dia adalah contoh terbaik bagaimana selebritis perlu mengelola karier mereka di masa mendatang," ungkap Editor Majalah Forbes Dorothy Pomerantz seperti dikutip dari laman Aceshowbiz.com, Kamis 19 Mei 2011.

Forbes membagi daftar 100 selebritris paling berpengaruh dalam lima kategori. Untuk kategori pendapatan, sebetulnya Gaga berada di bawah Oprah. Pelantun 'Poker Face' itu hanya mampu meraih pendapatan US$90 juta per tahun atau setara dengan Rp769,7 miliar per tahun, kalah jauh dibandingkan pendapatan Oprah sebesar US$290 juta per tahun atau setara dengan Rp2,4 triliun per tahun.

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Meski demikian, Gaga yang mendapat 12 nominasi pada ajang Grammy Awards ini berhasil unggul untuk kategori sosial dan situs.  Penyanyi sensasional itu memiliki 32 juta penggemar di situs jejaring sosial Facebook dan 10 juta follower di situs mikro blogging Twitter.

Sementara itu di urutan tiga terdapat nama penyanyi fenomenal lainnya, yakni Justin Bieber. Ini adalah kali pertama penyanyi berusia 17 tahun tersebut masuk ke dalam daftar. Penyanyi yang pernah konser di Jakarta itu diperkirakan berpenghasilan sebesar US$53 juta per tahun atau setara dengan Rp453 miliar per tahun. Angka tersebut sebagian besar berasal dari hasil konser, penjualan album dan film dokumentasi berjudul 'Justin Bieber: Never Say Never'.

Kekasih Selena Gomez ini juga memiliki rekor di situs You Tube, dimana video musiknya berjudul 'Baby' dilihat oleh 500 juta penggguna Internet.

Selain Bieber, pendatang baru lainnya dalam daftar adalah penyanyi pop Katy Perry di peringkat 12, produser dan sutradara berkebangsaan Inggris Christopher Nolan, peraih Oscar Natalie Portman di posisi 75. Sementara selebritis yang harus keluar dari daftar adalah penyanyi pop Britney Spears dan pemeran Harry dalam film 'Harry Potter' Daniel Radcliffe.

Berikut adalah 20 selebritis dari 100 daftar selebritis paling berpengaruh versi majalah Forbes:

1. Lady Gaga
2. Oprah Winfrey
3. Justin Bieber
4. U2
5. Sir Elton John
6. Tiger Woods
7. Taylor Swift
8. Bon Jovi
9. Simon Cowell
10. Lebron James
11. Angelina Jolie
12. Katy Perry
13. Johnny Depp
14. Kobe Bryant
15. Leonardo DiCaprio
16. Black Eyed Peas
17. Donald Trump
18. Dr. Phil McGraw
19. Tyler Perry
20. Sir Paul McCartney

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya