Turunkan Berat Badan dengan Berenang

Wanita berenang.
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Tetapi satu hal yang pasti, Anda harus berolahraga. Jika Anda tak suka berkeringat, berenang adalah pilihan yang tepat.

Biasanya, ketika memulai latihan, kebanyakan orang cenderung ingin menurunkan berat badan. Tubuh mendapat tantangan baru dan Anda berupaya maksimal, sehingga lebih banyak kalori yang dibakar.

Namun seiring waktu, tubuh melakukan penyesuaian sehingga kalori yang dibakar menjadi lebih sedikit. Seperti dilansir dari Healthmeup.com, dari perspektif ini pada tahap awal latihan, berenang memang sangat efektif membakar kalori dan bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Untuk menjaga kestabilan berat badan, seperti lari dan berjalan, berenang adalah latihan kardio yang paling baik. Itu karena aktivitas berenang menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Dalam hal membakar kalori, baik renang gaya bebas, kupu-kupu atau dada, bisa membakar hingga 350 kalori per 30 menit. Tapi hal ini jika Anda melakukan aktivitas berenang dengan intensif, bukan berenang santai. Jika Anda menambah latihan selama satu jam, kalori yang terbakar bisa mencapai 400 hingga 700 kalori.

Akan lebih baik jika Anda juga melakukan latihan lain selain berenang. Hal ini agar target menurunkan berat badan bisa tercapai dengan cepat. Anda bisa juga melakukan latihan yoga atau pilates untuk membentuk otot dan meningkatkan metabolisme.

Saat pemanasan sebelum berenang, lakukan juga lari cepat atau sprint. Bukan hanya mencegah cidera atau kram saat berenang, sprint membuat proses metabolisme tubuh jadi lebih cepat, yang sangat baik bagi penurunan berat badan.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024