Sepatu Bertumit Tinggi Picu Nyeri Sendi

Sepatu bertumit tinggi.
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/ PA

VIVAnews - Sepatu bertumit tinggi mungkin menjadi salah satu penunjang agar dapat terlihat cantik dan seksi. Banyak wanita memujanya dan rela berdiri berjam-jam saat mengenakannya.

Namun hati-hati, terlalu sering memakainya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit arthritis, peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai dengan rasa sakit, bengkak, kaku, dan keterbatasan gerak di kemudian hari.

Pemakaian sepatu bertumit tinggi dapat mengubah postur tubuh dan meningkatkan tekanan pada kaki, pergelangan kaki dan lutut, dan meningkatkan ancaman osteoarthritis, salah satu jenis arthritis yang umum terjadi.

The Society of Chiropodists and Podiatrists mengatakan ancaman penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita. Bahkan, keadaan wanita dengan arthritis lebih buruk dibanding pria.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Profesor Anthony Redmond, seorang podiatrist dan peneliti di masyarakat menganjurkan  kaum wanita menggunakan sepatu berujung bulat dengan tinggi maksimal 2 hingga 3 cm, serta bersol empuk.

Karena banyak wanita menggunakan sepatu bertumit tinggi lebih dari yang seharusnya, angka arthritis pada wanita pun meningkat dari enam menjadi 10.

Obesitas dan umur juga menentukan kesehatan persendian penyebab arthritis.

"Pelatih olahraga yang baik dapat mengarahkan klien untuk dapat berolahraga dengan benar sehingga dapat memaksa persendian mengangkat beban 8 kali berat badan mereka," ujarnya.

Prof. Redmon juga mendesak siapa pun untuk segera memeriksakan kondisi tubuh jika merasa sakit di persendian. (umi)

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024