Jelang Imlek

Menyimak Hiburan Ala Tionghoa

VIVAnews - Menjelang pergantian kalender Tiongkok, sejumlah pusat perbelanjaan menghadirkan rentetan program yang menarik untuk disimak.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Di Pondok Indah Mal (PIM) misalnya, lokasi di Jalan Raya Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan memberi keuntungan tersendiri untuk mengusung tema 'Magnificent Xin Jia' yang dimulai pada Jumat, 16 Januari lalu dan akan berakhir pada Minggu, 1 Februari mendatang.

Xin Jia, atau lebih dikenal sebagai Sin Cia/Chun Jie/Xin Nian, merupakan tradisi bangsa Cina yang agraris untuk memperingati awal musim semi, saat mereka bisa mulai menggarap ladang kembali setelah melewati musim dingin yang membekukan.

Konon, tradisi ini berawal dari kisah heroik manusia melawan monster kejam bernama Nian. Monster yang hidup di dasar laut ini memiliki tanduk tunggal, mata besar, dan kuku tajam. Ia tidur sepanjang tahun dan hanya bangun pada awal musim semi untuk mencari makanan kegemarannya, manusia.

Selain memangsa manusia, Nian juga mengacak-acak ladang dan merusak hasil panen. Akibatnya penduduk selalu mengungsi ke tempat tinggi setiap awal musim semi.

Hingga suatu ketika seorang pengemis memberitahu kelemahan Nian pada seorang nenek yang memberinya sedekah. Nian, menurut pengemis itu, takut pada warna merah dan sosok yang lebih beringas daripada dia.

Akhirnya nenek membuat Nian tandingan dari bambu-bambu yang dililit kain merah. Nenek juga mengecat muka rumahnya dengan warna merah.

Saat Nian datang, 'monster' itu dibakar diiringi suara ledakan berbilah-bilah bambu. Nian kaget, terbang ke kahyangan dan tidak pernah kembali lagi.

Nah, menjelang tahun Kerbau ini, PIM tentu tidak mengundang Nian. Pengelola mal yang berdiri pada 1991 ini berupaya memeriahkan Xin Jia dengan menyajikan aksesoris dan hiburan ala Tionghoa.

Begitu memasuki pelopor mal di Jakarta ini, alunan musik instrumental khas Mandarin langsung menembus gendang telinga. Ratusan lampion merah yang tergantung sejak gerbang mal hingga bagian dalam melambai menyapa 'Selamat datang'.

Mata dimanjakan dengan warna merah dan emas di bawah naungan replika sakura. Panggung dengan hiasan gerbang pagoda berdiri di tengah plasa PIM, tepat di depan Sogo Department Store.

Setiap hari, secara berselang-seling pengunjung dapat menikmati sajian seperti World Champion Barongsai, dan seni bela diri dari Perguruan Lo Ban Teng. Atau sajian Chinese Music Ensemble bagi penikmat musik Tirai Bambu, yang dilengkapi tarian The Goddess Hand atau pentas Oriental Broadway oleh D'Chorus.

Tertarik mengintip masa depan, peruntungan berdasarkan kartu Tarot atau Feng Shui? Cukup berbekal Rp 20.000, Mama Alien atau Noldy di jembatan utara PIM akan memberi sedikit contekan tentang apa yang menghadang. Bisa menjadi panduan setahun ke depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024