Resep Awet Muda Mooryati Soedibyo

Jamu Temulawak
Sumber :

VIVAnews - Awet muda dan bersahaja kesan itulah yang tampak ketika melihat wanita yang berpengaruh dalam dunia kecantikan Indonesia, Dr. BRA Mooryati Soedibyo. Wanita berusia 83 tahun ini, tetap terlihat cantik dan segar.

Aktivitasnya sebagai Presiden Direktur Mustika ratu, pemilik Woman Entrepreneurship Academy, Ketua Umum Asosiasi Spa Indonesia, dan masih banyak lagi kegiatan yang dijalaninya.  Pada seminar bertajuk 'Peran Spa dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Secara Holistik', beberapa waktu lalu ia pun memberi tiga resep bugar dan awet mudanya.

1. Olahraga
Olahraga adalah kunci sehat bagi semua orang. Dengan rajin berolahraga, tubuh tidak hanya dapat mengeluarkan racun-racun tetapi juga dapat memproduksi hormon-hormon pemicu rasa bahagia seperti dopamin dan serotonin. Olahraga membuat Mooryati jauh dari stres.

Tidak hanya olahraga fisik yang dilakukan oleh wanita asal Surakarta tersebut, olahraga mental juga dilakukannya. Dia selalu menyempatkan diri untuk melakukan meditasi dan berdoa agar fisik dan jiwanya
terhindar dari tekanan.

"Selain itu, jangan pernah tidur dengan membawa masalah, atau ketika sedang marah karena kualitas tidur itu tergantung dari mood dan perasaan seseorang," ujarnya.

2. Puasa

Pengaruh tradisi Jawa tentu saja sangat besar, hal ini membuatnya rajin berpuasa dan tidak makan daging.

Menurut dr. Lianiwati B., MS, Spok.M. Biomed, konsultan antipenuaan, berpuasa adalah cara paling mudah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

"Mengosongkan organ pencernaan secara otomatis membersihkannya dari  sisa-sisa makanan dan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh," katanya.

3. Minum jamu
Bapak kedokteran dunia, Hippocrates, mengatakan "Let your food be medicine and medicine be you food". Dari filosofi inilah dapat disimpulkan bahwa apapun yang manusia makan bisa menjadi obat ataupun racun bagi tubuh.

Namun, manusia tidak dapat mengonsumsi segala macam jenis nutrisi dari makanan dalam satu kali makan. Karena itulah, jamu yang berasal dari bahan-bahan alami dapat menunjang asupan gizi lain yang dapat
meningkatkan kesehatan tubuh.

"Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah," kata Mooryati.

THR Harus Dibayar Penuh Tak Boleh Dicicil, Menaker Terbitkan SE THR Keagamaan 2024

Baginya, sumber kesehatannya sekarang adalah hasil menjaga tidak hanya kesehatan fisik tetapi juga kesehatan pikiran dan rohani.

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024