VIVALIFE

Di Balik Pembuatan 'Surat Kecil Untuk Tuhan'

Demi film ini, sang sutradara melakukan riset cukup lama.
Selasa, 12 Juli 2011
Oleh : Maya Sofia, Gestina Rachmawati
Film 'Surat Kecil Untuk Tuhan'

VIVAnews - Film 'Surat Kecil Untuk Tuhan' adalah debut pertama Harris Nizam sebagai sutradara. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang diangkat dari novel berjudul sama. Film 'Surat Kecil Untuk Tuhan' sendiri menceritakan tentang Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke yang berjuang melawan penyakit kanker jaringan lunak (Rhabdomyosarcoma).

Awalnya Harris bukanlah sutradara film ini, dia lebih banyak terlibat di bagian riset dan pelaksanaan. Namun akhirnya lulusan perfilman IKJ itu ditunjuk sebagai sutradara.

"Antara takut dan senang waktu itu," kata Harris saat berkunjung ke kantor VIVAnews di Menara Standard Chartered Lantai 31, Jalan Prof Dr Satrio, Cassablanca, Jakarta Selatan.

Dalam film tersebut, Harris tak hanya mengarahkan pemain-pemain baru di layar lebar seperti Dinda Hauw yang berperan sebagai Keke. Harris juga harus menyutradarai aktor kawakan Alex Komang.

"Om Alex orangnya enak ya diajak sharing. Jadi nggak ada kekakuan saat syuting karena dari awal juga aku memang memilih dia, dia cocok sekali memerankan ayahnya Keke," kata Harris.

Mengarahkan beberapa pemain baru memang suatu tantangan tersendiri, namun dia mengaku lebih mudah membentuk karakter bintang-bintang baru tersebut.

"Membentuk karakternya lebih gampang. Ibaratnya kita dihadapkan sama kertas yang masih kosong," katanya.

Menurut Harris, riset yang dibutuhkan untuk membuat film ini cukup lama. Apalagi ia harus menentukan lokasi syuting dan belajar istilah medis.

"Seperti istilah kemoterapi. Justru gara-gara riset aku tahu bahwa ternyata yang namanya kemoterapi itu tidak seperti yang kubayangkan selama ini," ujar pria kelahiran 1982 itu.

Menurutnya, film ini benar-benar dibuat semirip mungkin dengan kisah aslinya. Tak ada sesuatu yang dilebih-lebihkan ataupun dikurangi.

"Jadi kalau ada yang bilang si Keke ini lebay, saya nggak sepakat, yang ditampilin itu memang 99 persen seperti itu. Karena memang ada sosok perempuan yang masih ABG gitu tapi setegar si Keke. kenyataannya seperti itu. Jadi kalau ada yang bilang ini lebay kayak sinetron, ya saya marah," ucapnya.

Film berdurasi 100 menit ini sudah mulai diputar di bioskop sejak 7 Juli lalu. Harris berharap filmnya bisa diterima masyarakat dan memberikan manfaat bagi penonton.

"Supaya mereka bisa melihat suatu masalah dari dua sisi, lebih menghargai hidup, dan hidupnya bisa lebih bermanfaat," kata Harris.

Penulis skenario 'Surat Kecil Untuk Tuhan' Beby Hasibuan mengaku sempat melakukan riset ulang. Pasalnya ada beberapa hal di dalam skenario yang berbeda dengan novel.

“Sempat riset ulang karena ada hal yang berbeda dengan yang di novel. Mudah-mudahan tidak mengecewakan para pembaca yang sudah membaca kisah Keke lewat novelnya maupun online,” kata Beby. (eh)

Sutradara  : Harris Nizam

Produser    : Sarjono Sutrisno

Produksi    : Skylar Pictures

Penulis      : Beby Hasibuan

Pemain      : Alex Komang
                 Dinda Hauw
                 Esa Sigit
                 Ranty Purnamasari
                 Dwi Andika
                 Egi John Foreisythe

TERKAIT
TERPOPULER