Soal Uang, Percakapan Bisa Bungkam

Wanita Tertawa
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Apa jadinya jika dalam sebuah percakapan menarik, tiba-tiba ada seorang teman melontarkan pertanyaan seputar gaji? Percakapan pun dapat berubah menjadi kaku, bahkan seketika bisa berhenti.

Berbicara soal uang, baik itu gaji ataupun dana pensiun memang merupakan hal yang sensitif. Hampir dua dari tiga orang enggan menceritakannya terhadap orang yang dikenal dekat sekalipun.

Tidak hanya itu kita juga bisa menutup mulut rapat-rapat ketika ada yang melontarkan pertanyaan mengenai bobot tubuh, hubungan percintaan, dan kesehatan. Semua ini terungkap pada penelitian yang dilakukan oleh Scottish Widows, perusahaan konsultan keuangan di Inggris.

Survey yang dilakukan pada masyarakat Inggris yang tergabung dalam DNAs (Dare Not Asks) ini mengungkapkan bahwa tiga per empat responden mengatakan bahwa keuangan adalah topik yang seharusnya tidak dibicarakan pada teman dan rekan kerja.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Lalu, lebih dari satu dari 10 responden mengatakan bahwa pasangan mereka tidak akan membicarakan masalah keuangan mereka pada teman-temannya. "Banyak bagian dari hidup kita yang terbatas bagi orang lain bahkan orang terdekat kita," ujar Catherine Stewart, ahli keuangan dari Scottish Widows, dikutip dari Daily Mail.

Menurutnya, masyarakat akan lari ke orang yang tepat untuk menceritakan masalah kesehatan, kemakmuran, dan kebahagiaan yang diderita mereka. Namun hal ini akan berbeda jika terjadi kesenjangan pendapatan di dalam sebuah rumah tangga.

Pria akan lebih terbuka dengan temannya dibandingkan dengan pasangannya. Sedangkan, wanita lebih cenderung menceritakannya dengan keluarga tentang setiap aspek lain dari kehidupan mereka dibandingkan bercerita dengan rekan-rekan mereka.

Talkshow yang digelar Kemenkominfo

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet” pada tanggal 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024