« Kembali
Tips Ajarkan Anak Berpuasa
Ramadan adalah waktu yang tepat menanamkan nilai-nilai agama dan ibadah pada buah hati.
Anda Nurlaila, Febry Abbdinnah
Selasa, 2 Agustus 2011, 14:09 WIB
anak baca quran (inmagine)
anak baca quran (inmagine)

VIVAnews - Ramadan adalah bulan baik bagi orang tua untuk secara langsung mengajarkan buah hati menjalankan ibadah. Sesuai kondisinya, anak belum mampu menahan godaan makan dan minum hingga terbenamnya matahari seperti halnya orang dewasa. Ia juga tak begitu paham mengapa harus berpuasa dan beribadah.

Kewajiban orang tua untuk membuatnya lebih memahami agamanya, dan puasa itu sendiri. Berikut beberapa tipsnya.

1. Perkenalkan puasa sejak dini
Puasa merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam. Anak yang belum menginjak masa akil baligh atau puber memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, tidak ada salahnya untuk membiasakan mereka menjalankan disiplin Rukun Islam sejak dini.

Definisikan Islam

Jelaskan padanya bahwa seorang muslim yang baik akan menjalankan perintah-Nya seperti yang tertera di kitab suci umat Islam untuk menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja setiap harinya di bulan Ramadan.

Sebelum Ramadan, ciptakan euforia menyambut bulan suci. Anda dapat menyiapkan bahan-bahan makanan favorit yang dapat disantap untuk berbuka puasa.

2. Ajak serta anak dalam menjalankan ibadah

Tanpa paksaan, bangunkan anak Anda untuk ikut sahur. Beri pengertian padanya untuk menjalankan puasa. Jika memang, dia tidak kuat menjalani puasa sehari penuh, izinkan ia berbuka di tengah hari.

Puji kemampuannya dan berilah insentif positif agar suatu hari ia dapat menjalankan puasa sehari penuh. Jangan lupa memberikan dia pujian dan semangat ketika dia dapat menjalankan puasa hingga terbenam matahari.

Sebisa mungkin, ajak serta anak dalam kegiatan beribadah Anda seperti salat, mengaji, dan berinfak serta zakat. Biasakan menjalankan salat wajib secara berjamaah agar anak pun dapat meniru kebiasaan orang tua.

Ajarkan dia mengaji sejak dini, serta berikan dia contoh yang baik dalam berbagi dengan yang tidak mampu agar dapat membentuk kepribadian yang pemurah.

3. Ajak mereka menyiapkan menu ta'jil

Anak sangat menyukai membuat sesuatu sembari bermain. Anda dapat mengajaknya untuk membuat es buah warna-warni atau kue-kue lucu yang dapat disantapnya ketika berbuka. Hal ini dapat membuatnya semakin mencintai bulan penuh rahmat ini. (art)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id