Dubai Bolehkan Gosok Gigi Saat Puasa

Sikat gigi
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf (GAIAE) Dubai mengeluarkan fatwa terbaru yang isinya memperbolehkan umat muslim setempat untuk menggosok gigi saat menjalankan ibadah puasa. Asal, memastikan tak ada pasta gigi atau cairan yang tertelan ke kerongkongan.

Fatwa juga memperbolehkan penggunaan cairan penyegar mulut saat puasa. "Tidak ada masalah dalam menggunakan cairan penyegar mulut, asalkan tidak mencapai tenggorokan," demikian petikan fatwa itu, seperti dikutip dari Gulf News.

Fatwa harian ini dikeluarkan untuk membantu umat muslim menjawab keraguan dan keresahan terkait mitos-mitos selama Ramadan.

Meski demikian, otoritas terkait tetap menyarankan penggunaan ranting kayu siwak atau miswak untuk membersihkan gigi selama puasa. Ranting kayu yang memiliki nama ilmiah Salvadora Persica ini cukup populer di negara-negara muslim sebagai pengganti sikat dan pasta gigi.

Hasrat untuk selalu menyegarkan napas di tengah ibadah puasa memang kerap muncul. Banyak yang merasa tak percaya diri dalam pergaulan karena merasa bau mulut yang begitu menyengat selama puasa 14 jam. Bau mulut atau halitosis ini muncul karena, saat puasa, produksi air liur dalam mulut dan saluran pencernaan berkurang sehingga jadi lebih kering. (eh)

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan
Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024