Makan Daging Merah Tingkatkan Risiko Diabetes

Diabetes
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Daging memang selalu menjadi menu istimewa, tapi jangan mengonsumsinya setiap hari. Itu karena hanya mengonsumsi dua iris daging merah, termasuk yang olahan seperti salami atau sosis setiap hari, bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes secara signifikan.

Peneliti menemukan, konsumsi 100 gram daging merah setiap hari, meningkatkan kemungkinan terkena penyakit diabetes tipe 2. Tim peneliti dari Universitas Harvard ini melakukan analisis terhadap catatan kesehatan 440 ribu pria dan wanita selama periode antara 14 dan 28 tahun.

Dari penelitian yang dipublikasi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, diketahui kalau seseorang yang mengonsumsi 100 gram daging merah setiap hari, risiko terkena penyakit diabetes mencapai 19 persen. Sementara, yang mengonsumsi daging olahan, seperti sosis, salami atau kornet, risiko terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi lagi, hingga 51 persen.

Tetapi, peneliti menemukan kalau risiko tersebut bisa dikurangi, jika seseorang juga mengonsumsi sumber protein lain. Seperti kacang-kacangan atau keju rendah lemak.

Cukup banyak penelitian yang menemukan kalau ada hubungan antara konsumsi daging merah dengan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Tetapi baru beberapa penelitian yang menemukan kalau ada hubungan antara daging merah dengan diabetes.

Penyakit ini terjadi ketika tubuh tidak cukup mampu memproduksi hormon insulin untuk mengontrol gula darah. Gejalanya antara lain selalu merasa haus, sering buang air kecil dan selalu merasa lelah. Meskipun penyakit ini bisa diatasi dengan obat ataupun suntikan, tetapi bisa menimbulkan komplikasi serius. Seperti kebutaan, kegagalan fungsi ginjal, dan serangan jantung.

Peneliti menyarankan agar orang dewasa mengonsumsi tidak lebih dari 500 gram daging merah tiap minggu. Hal ini tentunya untuk menghindari risiko terkena penyakit diabetes. (eh)

Lisa BLACKPINK Beli Rumah Baru di Beverly Hills Seharga Puluhan Miliar
Jayabaya

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Prabu Jayabaya adalah penguasa atau raja yang berasal dari Kerajaan Kediri di masa lalu. Ia sangat terkenal dengan berbagai ramalannya yang bahkan masih terjadi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024