Festival Jazz Ramadan di Istana Turki

istana topkapi
Sumber :
  • islamvoice

VIVAnews - Selama bulan ramadan, pusat seni dan budaya Turki di Istanbul akan diramaikan dengan festival jazz. Halaman istana Yildiz dan taman Topkapi akan menjadi pusat pertunjukan jazz ramadan.

Festival ini akan berlangsung dari 16-23 Agustus 2011, dengan para musisi jazz seperti pianisĀ  jazz inovatif AS Ahmad Jamal, pianis McCoy Tyner dengan trio Chris Potter, dan Jose James, pemenang anugrah Grammy Gary Bartz, dan Anouar Brahem.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

"Saya menyukai mengasosiasikan musik dengan ramadan. Penting bagi para musisi menjadi bagian dari budaya Islam," kata Erdogan Hakan penyelenggara Festival kepada Today's Zaman.

Festival yang pertama kali digelar tahun lalu bertujuan membawa pesan kedamaian sosial dan rekonsiliasi, yang merupakan semangat ramadan. Tahun lalu, festival ini menarik lebih dari 10.000 orang.

Dua tempat bersejarah dipilih untuk menciptakan suasana budaya ramadan, yakni Topkapi Palace dan halaman taman Istana Yildiz.

Musisi jazz Turki, Kerem Gorsev mengatakan, ia merasakan sesuatu yang berbeda menyaksikan musik jazz di sekitar halaman Istana Topkapi, tempat sultan-sultan Ottoman berabad-abad lalu menghabiskan waktu istirahat. Semua penonton berkesempatan berbuka puasa satu jam sebelum pertunjukkan jazz dimulai.

Hiburan selalu menjadi elemen penting dari tradisi ramadan di Turki, selain Hacivat-Karagoz, dan teater boneka tradisional yang mulai meredup. (eh)

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024