Pide, Roti Spesial Ramadan Khas Turki

roti pide
Sumber :
  • myrecipes.com

VIVAnews - Sajian khas buka puasa menandai suka cita Ramadan di Turki. Dari serangkaian menu tradisional yang menggugah selera, ada satu menu yang hanya muncul selama bulan suci: roti pide.

Seperti dikutip dari 40firinekmek.com, roti tradisional yang hanya dipanggang selama Ramadan itu terbuat dari adonan terigu, ragi instan, minyak zaitun, air hangat dan susu murni. Setelah matang biasa disajikan dengan taburan biji nigela dan topping yogurt.

roti pide Di sejumlah restoran, roti pide menjadi bagian dari menu set (platter) khas pembuka puasa yang terdiri dari sup iftariye, pastirma, sujuk, dan aneka kue khas yang populer dengan sebutan borek. Menu utama didominasi menu-menu warisan Kekaisaran Ottoman. Sementara hidangan pencuci mulut terbuat dari air mawar yang disebut gullac.

Dengan proporsi umat muslim mencapai 98 persen di negara tersebut, menu-menu khas tradisional semacam itu mendominasi sejumlah restoran dan rumah makan di kota-kota besar seperti Istanbul. Beberapa restoran mewah bahkan mengemasnya dalam format fine dining yang dipadukan dengan suguhan musik khas Timur Tengah.

Di Istanbul, salah satu tempat yang ramai dikunjungi saat jam buka puasa adalah Sultanahmet Square, tak jauh dari Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque). Di tempat itu, puluhan tenda-tenda restoran menyajikan aneka menu tradisional khas Ramadan dengan berbagai hiburan seni yang khas.

Polisi Bongkar Penimbunan 50 Ton Pupuk Subsidi di Makassar, Satu Pelaku Masih di Bawah Umur
Peserta Bimtek PPIH Arab Saudi

Gulirkan Pola Baru, Kemenag Fokus Tingkatkan Kualitas Bimtek Petugas Haji

Bimtek PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M dijadwalkan akan digelar selama 10 hari mulai 19 sampai 28 Maret 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024