Studi: Pribadi Antisosial Jitu Deteksi Bahaya

anak antisosial
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Pernahkah Anda bertemu dengan seorang yang canggung atau terlihat aneh? Sikap anti-sosial mereka ternyata memiliki keuntungan tersendiri. Sebuah studi mengungkap, seorang yang canggung dan anti sosial dapat menyelamatkan saat kondisi berbahaya.

Seperti dikutip MyHealthNewsDaily, seseorang yang merasa tidak aman atau selalu cemas cenderung menghindari hubungan sosial. Bukan itu saja, mereka juga lebih cepat mendeteksi dan menanggapi situasi yang berpotensi berbahaya.
 
Dalam penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Psikologi Sosial dan Kepribadian meminta responden mengisi survei yang dirancang menilai gaya keterikatan mereka.

Nodai Gadis Belia hingga Hamil, Guru SMP di Pontianak Dijebloskan ke Penjara

Kemudian, mereka dibagi dalam tiga kelompok dan memainkan permainan berbasis internet. Mereka dibiarkan menunggu di sebuah ruangan untuk memulai permainan. Saat peneliti pergi, 'komputer palsu' dalam ruangan mulai berasap dan peneliti ingin melihat reaksi mereka. Studi menemukan, kelompok anti-sosial lebih cepat tanggap dibandingkan dua tim lain.

Psikolog Tsachi Ein Dor menjelaskan, "Kecemasan, yang dirasakan tidak menyenangkan bagi semua orang yang merasakan, bisa sangat menguntungkan, karena memungkinkan deteksi dini ancaman."

Demikian pula, "Perilaku menghindar juga sangat bermanfaat, karena memungkinkan respon yang cepat terhadap ancaman,"  kata Ein Dor, yang juga merupakan salah satu peneliti. (umi)

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Hasil buruk diraih Timnas Indonesia U-23 di laga perdana Piala Asia U 23 2024. Armada Shin Tae yong takluk 0-2 dari tuan rumah Timnas Qatar di Jassim Bin Hamad Stadium.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024