Tiga Fakta Seputar Makanan Organik

Sayuran organik
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Sebagai konsumen, cara paling mudah untuk mengenali bahan makanan organik adalah dengan membaca label. Tetapi label 'organik' yang terdapat pada kemasan terkadang membingungkan.

Belum lagi ada beberapa hal yang banyak salah dimengerti oleh para konsumen seputar makanan organik, mungkin juga termasuk Anda. Agar Anda tak salah kaprah, ketahui tiga fakta seputar makanan organik, seperti dilansir dari gourmet.com.

1. Sumber bahan makanan lokal tidak sama dengan makanan organik

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Label lokal hanya menjelaskan lokasi peternakan atau pertanian dan bukan praktek pengolahan atau skala. Untuk mengetahui secara lebih detil Anda harus menanyakan apakah peternakan
atau pertanian menerapkan standar praktek organik. Misalnya pemberian antibiotik pada hewan, apakah diberi obat kesuburan atau penggunaan zat kimia lainnya.

2. Pengolahan organik tetap menggunakan bahan kimia

Ada daftar panjang pestisida, herbisida, fungisida, pupuk, obat-obatan, dan bahan kimi lain yang telah disetujui untuk digunakan pada pertanian organik bersertifikat.

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Sebagai contoh, pyrethrum, yang merupakan pestisida yang sering digunakan baik pada peternakan maupun pertanian.Pada dasarnya bahan tersebut memiliki bahan aktif yang sama seperti permetrin
sintetik, pestisida konvensional.

3. Mengonsumsi makanan organik tak selalu ramah lingkungan

Beberapa orang memilih menjadi vegetarian dan hanya mengonsumsi makanan organik dengan alasan lebih ramah lingkungan. Tetapi hal ini sangat tergantung pada kondisi serta metode yang diterapkan pada peternakan dan pertanian. Sebenarnya Anda tetap bisa menjaga lingkungan dengan mengonsumsi daging dalam jumlah yang tak berlebihan.

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang
Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024