Bincang Hati

Terjebak Mitos Pernikahan di Keluarga

ilustrasi
Sumber :
  • reekoheek.files

Tanya:
Saya sudah menjalani hubungan cukup lama dengan kekasih. Selama ini, ada yang kami sembunyikan dari orangtua masing-masing. Kami terjebak mitos tradisi keluarga yang mungkin tak masuk akal, tapi tak bisa kami abaikan begitu saja.

Kebetulan kami tumbuh di tengah keluarga yang kental dengan tradisi Jawa. Dalam adat keluarga, pasangan yang akan menikah harus melalui penghitungan kecocokan melalui tanggal lahir. Saya sudah bertanya kepada satu orang yang dituakan di keluarga, katanya saya tidak cocok dengan kekasih saya. Katanya, jika kami nekat menikah hubungan tak akan bahagia.

Kami menyembunyikan persoalan ini dari orangtua masing-masing. Kami yakin orangtua kami tak akan merestui jika mereka tahu, karena mereka sangat mempercayai penghitungan dari penanggalan Jawa. Apa yang harus kami lakukan karena kami tak ingin berpisah?

BE

Jawab:

Anda harus bisa meyakinkan keluarga bahwa jodoh dan rezeki Tuhan yang mengatur. Memang Anda harus berani mengambil langkah besar untuk menghadapi keluarga.

Mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan anggota keluarga lain yang memiliki pandangan lebih rasional. Kalau perlu, libatkan anggota keluarga lain untuk membantu Anda memberi penjelasan kepada orangtua masing-masing. Yakinkan orangtua bahwa hubungan Anda terjalin harmonis, bila ada hal-hal negatif itu mungkin hanya peringatan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Baca juga: Ponsel Khusus untuk Berciuman

Konsultan: Feri Purwo

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Feri PurwoJika Anda punya masalah percintaan atau perkawinan, kirimkan pertanyaan Anda ke rubrik 'Bincang Hati' melalui email " konsultasi.fiesta@vivanews.com ". Jangan lupa untuk mencantumkan nama lengkap Anda dan pasangan, berserta tanggal lahir. Nama pengirim akan disamarkan. Anda juga bisa curhat di www.curhaters.com atau di Twitter di @Feripurwo.

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024