Mau Fokus Bekerja? Tidur Siang Dulu

Wanita Tidur
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Orang dewasa dianjurkan untuk tidur tujuh hingga delapan jam per hari. Namun, kesibukan di kantor hingga pekerjaan rumah tangga, membuat waktu tidur pada malam hari sangat kurang.

Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan mencuri waktu di kantor untuk tidur siang. Menurut banyak penelitian, tidur siang memiliki dampak positif bagi kesehatan fisik dan psikis. Ingin tahu apa saja keuntungan tidur siang?

Membuat Anda lebih fokus

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Saat pekerjaan menumpuk, namun Anda tak bisa menyelesaikannya karena sulit berkonsentrasi, tidurlah sejenak. Penelitian yang dilakukan tim dari University of California-Berkley pada 2010 menemukan kalau tidur siang membuat orang dewasa berpikir lebih fokus.

"Ketika mengantuk, Anda kesulitan untuk mengingat banyak hal. Konsentrasi menjadi sangat buruk dan sulit mengerjakan sesuatu," kata Donna Arand, PhD, psikolog di Kettering Sleep Disorders Center, Amerika Serikat, dikutip dari Thirdage.com

Dengan tidur siang, Anda akan mengingat banyak hal dengan lebih baik. Termasuk lebih baik dalam berpikir dan menganalisa, serta menstabilkan kondisi psikologis Anda.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Bukan hanya baik untuk menstabilkan perasaan dan kesehatan otak, tidur siang juga berdampak positif bagi kesehatan jantung Anda. Terutama bagi orang-orang yang kurang tidur pada malam hari.

"Sebuah penelitian menunjukan seseorang yang tidur kurang dari enam jam sehari, berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Tidur siang ini bisa jadi cara untuk meningkatkan kuantitas waktu tidur dan mengurangi risiko jantung," kata Sarah Conklin, PhD, profesor psikologi dan ilmu saraf di Allegheny College.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Waktu ideal untuk tidur siang

Di Spanyol, masyarakatnya memiliki kebiasaan tidur siang yang disebut siesta. Mereka tidur antara pukul 2 hingga 4 sore, hal ini ternyata bukan tanpa alasan. Menurut Dr. Arand, efek positif tidur siang merujuk pada kondisi yang disebut "dip postprandial", yaitu ketika tubuh mengalami penurunan alami dalam hal energi mental dan fisik.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Dengan tidur siang, sebenarnya Anda mengikuti siklus alami tubuh. Usahakan untuk tidur siang di antara pukul tersebut, cukup 30 hingga 45 menit. Tubuh dan pikiran Anda pun akan kembali segar.

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Refly Harun saat diwawancarai oleh wartawan di Padang, Sumatra Barat, Selasa, 28 November 2023.

Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, memberikan tanggapannya terkait peluang pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bergabung ke Pemerintahan usai kalah di Pilpres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024