Hormon Seks Pria Kurangi Risiko Stroke

Penyakit Jantung
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Hormon testosteron dikenal bertanggung jawab pada kesehatan seksual seorang pria. Hormon ini ternyata memiliki manfaat lain. Pria yang memiliki tingkat testosteron tinggi pada usia lanjut berisiko lebih kecil mengalami serangan jantung atau stroke ketimbang mereka yang memiliki hormon kejantanan lebih sedikit.

Temuan terbaru diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology. Studi terhadap 2.400 pria Swedia di usia 70-80 tahun menunjukkan, pria dengan kadar testosteron tertinggi paling sedikit mengalami serangan jantung atau stroke selama beberapa tahun daripada pria dengan tingkat hormon rendah.

Pemimpin studi, Ana Tivesten, dari Universitas Sahlgrenska di Goteborg, Swedia, mengatakan, "Pria lanjut usia dengan kadar testosteron tinggi relatif terlindungi terhadap kejadian kardiovaskular. Dan sebaliknya, testosteron rendah merupakan penanda untuk peningkatan risiko kardiovaskular," ucapnya seperti dimuat dalam Female First.

Meski demikian, temuan ini tidak lantas menyimpulkan bahwa tingkat hormon satu-satunya yang dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
Menurut peneliti, kondisi kesehatan serius dapat menurunkan kadar testosteron, seperti obesitas, dan gaya hidup tak sehat lainnya seperti merokok. (eh)

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan
Xiaomi SU7

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Permintaan untuk mobil sedan listrik Xiaomi SU7, jauh lebih tinggi dari yang diprediksi oleh perusahaan. Hal ini diungkapkan oleh Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024