Tiga Cara Mudah Redakan Gejala Flu

Flu
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Tenggorokan gatal, kepala pusing, dan badan terasa pegal-pegal. Ini merupakan gejala umum yang muncul saat Anda flu. Faktanya, orang dewasa rata-rata mengalami flu tiga kali dalam setahun.

Dilansir dari Health.com, menurut Jane Sadler, MD, seorang dokter keluarga di Baylor-Garland Hospital, di Amerika Serikat, flu biasanya dialami orang dewasa selama sembilan hari. Namun, rasa tersiksa akibat flu ini bisa diperpendek dengan tiga cara berikut.

Perbanyak minum air putih dan jus
Saat bangun pagi hari minumlah segelas air hangat. Tenggorokan Anda yang terasa gatal pasti akan terasa lebih nyaman. Lalu, pada siang hari setelah makan, Anda bisa minum jus buah alami. Cairan dan vitamin sangat Anda butuhkan agar gejala flu cepat menghilang.

"Memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara maksimal bisa mengurangi gejala tenggorokan gatal dan hidung berair," kata William Schaffner, MD, Profesor dan Kepala Department of Preventive Medicine di Vanderbilt University School of Medicine.

Berkumur dengan air garam

Anda juga bisa mengurangi rasa gatal di tenggorokan dengan berkumur menggunakan air garam. Cukup campur setengah sendok teh garam pada segelas air hangat. Dengan berkumur, virus, dan bakteri di mulut juga dibersihkan.

"Garam menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir serta pemicu alergi dari belakang tenggorokan," kata Philip Hagen, MD, kepala medis di Klinik Mayo.

Jaga kebersihan hidung
Anda bisa menggunakan saline nasal spray segera setelah gejala flu mulai dirasakan. Selalu jaga kebersihan hidung dan gunakan handuk lembut untuk membersihkannya. Ini agar tidak terjadi iritasi di sekitar kulit hidung yang bisa memicu rasa nyeri. Setelah itu, mandilah dengan air hangat.

"Kelembaban hangat akan membantu membersihkan saluran hidung, sehingga pernapasan jadi lebih lancar," kata dr Schaffner. (art)

Berantas Judi Online, Tanggung Jawab Siapa?
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Firman Soebagyo

Golkar Merasa Wajar jika Dapat 5 Kursi Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran

Keinginan Partai Golkar mendapat jatah lima kursi dalam kabinet Prabowo-Gibran diklaim wajar. Sebab Golkar parpol yang mengusung cawapres Gibran Rakabuming Raka. 

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024