« Kembali
Cara Melatih Anak Sopan Saat Makan
Satu dari lima orangtua menolak makan di restoran karena malu dengan tingkah anak.
Pipiet Tri Noorastuti, Febry Abbdinnah
Rabu, 2 November 2011, 07:13 WIB
anak makan bersama (inmagine)
anak makan bersama (inmagine)

VIVAnews - Anak Anda susah makan, atau bertingkah tidak sopan ketika makan? Anda tidak sendiri. Sebuah survei terhadap 2.000 orang mengungkap, satu dari lima orangtua menolak untuk makan di restoran karena malu dengan perilaku anak-anak mereka.

Beberapa perilaku buruk anak ketika makan kerap membuat orangtua pusing. Dalam survei tersebut, 35 persen orangtua mengeluhkan kebiasaan anak yang mengunyah dengan mulut terbuka atau berbicara ketika makan.

Sebanyak 34 persen mengatakan susah mengatur anaknya tetap diam selama makan. Sebanyak 22 persen mengaku susah meminta anak menjaga postur tubuhnya ketika makan. Sebanyak 20 persen kewalahan mengajari menggunakan sendok atau garpu.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi perilaku buruk anak ketika makan? Berikut cara melatih perilaku baik anak di depan meja makan seperti dilansir dari Daily Mail.

1. Jaga postur tubuh
Sebelum makan, pastikan tubuh mereka tegak dan tangan tidak menyentuh meja makan. Berikan nasihat pada anak secara lembut untuk makan dengan mulut tertutup dan tidak berbicara ketika mengunyah. Cobalah dengan isyarat sederhana dengan mendekatkan jari Anda di bibir untuk menyuruhnya diam.

2. Peralatan makan ukuran kecil
Ketika makan, gunakan garpu pada tangan kiri dan pisau atau sendok pada tangan kanan. Tanyakan pada restoran apakah mereka memiliki sendok dan garpu berukuran lebih kecil agar mereka dapat makan dengan
mudah.

3. Biarkan anak pilih makanan
Biarkan anak Anda memiliki makanan apa yang ingin mereka makan. Tentu saja, ini dilakukan untuk menghindari keributan yang akan muncul jika mereka diberikan sesuatu yang tidak ingin mereka suka.

4. Ajarkan untuk tidak boros
Pastikan mereka makan semua makanan di piring sehingga mereka belajar untuk makanan dalam jumlah yang tepat dan tidak boros pada makanan.

5. Jaga sikap
Anak kerap kali berteriak pada saat makan ketika merasa tidak menyukai apa yang mereka makan atau karena bertengkar dengan saudara mereka. Ajarkan mereka untuk menjaga sikap. Pertama, beri contoh yang berperilaku yang baik di depan meja makan. Kedua, katakan jika Anda tidak suka perilaku mereka. Ketiga, beri apresiasi ketika mereka mampu meniru perilaku baik Anda di depan meja makan.

Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan mereka waktu bermain di luar di mana mereka dapat dengan bebas berteriak.

6. Fokus makan
Ketika makan, pastikan mereka tidak terganggu dengan game elektronik atau ponsel karena hal ini termasuk perilaku tidak sopan yang dilakukan di meja makan.

7. Hormati orang lain
Tanamkan pada mereka untuk selalu menghormai orang lain termasuk pelayan restoran. 'Tolong' dan 'terima kasih' adalah kata-kata yang paling penting Anda ajarkan pada mereka.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id