Awet Muda Tanpa Suntik Botoks

Cantik dengan air
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Lupakan berbagai perawatan antipenuaan seperti suntiks botoks atau operasi pengencangan kulit. Yang Anda perlukan hanya mengatur asupan kalori demi mencegah penuaan dini.

Penelitian Universitas Gothenburg, Swedia, mengungkapkan bahwa mengurangi asupan kalori akan memperlambat proses penuaan, serta melindungi tubuh dari sejumlah penyakit degeneratif seperti dementia dan diabetes tipe 2. Semakin dini melakukannya, semakin terasa efeknya untuk jangka panjang.

Dalam penelitian tersebut, sejumlah monyet yang diberikan makanan sehat dengan kandungan kalori terjaga mampu bertahan hidup lebih lama dari jangka yang diharapkan. Hasil analisis terhadap sejumlah hewan lain seperti ikan, tikus, dan lalat juga menunjukkan kesimpulan serupa.

Para peneliti mengatakan, diet sehat memicu produksi enzim tertentu di dalam tubuh, yang berperan dalam menghambat efek penuaan: peroxiredoxin [Prx1]. Enzim ini berperan mengurangi tingkat hidrogen peroksida berbahaya dalam jaringan sel tubuh.

Kontrol asupan kalori tak hanya akan meningkatkan produksi enzim tersebut, tapi juga enzim lain yakni Srx1, yang menunjang manfaat Prx1.

"Kami dapat memperlihatkan bahwa pembatasan asupan kalori akan memperlambat penuaan dengan cara mencegah enzim peroxiredoxin kehilangan fungsi," kata Mikael Molin, seperti dikutip Daily Mail. "Enzim ini juga sangat penting dalam menangkal kerusakan pada bahan genetik kita." (art)

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut
Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali usai bertemu dengan capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Temui Prabowo, Waketum Nasdem Sebut Tak Ada Pembicaraan Politik

Menurut Ahmad Ali, kedatangannya menemui Prabowo tidak mewakili siapapun, termasuk Nasdem.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024