VIVALIFE

Kunci Membersihkan Wajah dengan Benar

Kulit yang cantik dan cerah, berawal dari kulit yang bersih.
Sabtu, 5 November 2011
Oleh : Mutia Nugraheni
Membersihkan wajah

VIVAnews - Menggunakan pembersih wajah berharga mahal tak menjamin kulit Anda bersih sempurna. Hal yang terpenting adalah cara Anda membersihkan wajah.

Dalam membersihkan kulit, hal pertama yang harus diperhatikan adalah air. Sebaiknya, jangan gunakan air hangat untuk membersihkan wajah karena bisa membuat kulit jadi kering. Air yang tak terlalu dingin ataupun terlalu panas, adalah air terbaik untuk membersihkan wajah.

Perhatikan juga kebersihan air yang Anda gunakan. Jangan sampai kulit Anda bermasalah karena ternyata air yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah, kurang bersih.

"Penting untuk memastikan, air yang digunakan memang benar-benar bersih dan tidak terkontaminasi," kata Leslie Baumann, ahli kulit dari Cosmetic Medicine and Research Institute, University of Miami, seperti dikutip dari redbookmag.com.

Lalu kedua, kenali tipe kulit. Hal ini untuk menentukan jenis pembersih apa yang paling tepat untuk digunakan dan agar Anda tak salah pilih. Jika masih ragu dengan jenis kulit Anda, lakukan saja tes sederhana.

Caranya, bilas wajah sepuluh kali dengan air suam-suam kuku. Lalu, keringkan dan tunggu hingga 45 menit. Jika kulit wajah terasa kencang atau terlihat pucat pasi, jenis kulit Anda termasuk kering.

Jika kulit wajah terlihat mengilap, maka termasuk jenis kulit berminyak. Namun, jika hanya dahi, hidung dan dagu yang mengilap, Anda mungkin memiliki jenis kulit kombinasi.

Untuk kulit kering, gunakan pembersih yang mengandung krim pelembab. Hindari menggunakan produk yang membuat kulit terasa kesat. Ini bukan tanda kalau kulit dalam keadaan bersih, namun justru membuatnya jadi lebih kering.

Lalu, bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, gunakan pembersih yang berbentuk foam, gel atau yang bersifat 'deep cleaning'. Kandungan surfaktannya yang tinggi, sangat ideal untuk kulit berminyak. Sebaliknya, jika kulit Anda kombinasi, gunakan pembersih yang non-foam formula, seperti bentuk krim atau lotion. (eh)

TERKAIT