VIVALIFE

Empat Trik Agar Tak Mudah Terserang Flu

Jangan biarkan flu menyerang dan mengganggu aktivitas Anda.
Minggu, 6 November 2011
Oleh : Mutia Nugraheni
Sakit flu

VIVAnews - Flu memang penyakit yang bisa diobati dengan mudah. Namun, saat terserang flu rasanya sangat tersiksa. Mulai dari batuk, pilek, demam, hingga mual bahkan muntah.

Sebenarnya, ada cara mudah, agar Anda tak mudah terkena flu. Lakukan saja empat hal yang dilansir dari health.com, berikut.

Menghabiskan waktu di luar ruangan
Berada di luar ruangan dan menghirup udara segar adalah cara paling mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga sangat baik kesehatan psikologis Anda, yaitu mengurangi bisa mengurangi level stres. Faktanya, stres yang tinggi bisa bisa menurunkan sistem imunitas.

Relaksasi

Selalu luangkan waktu untuk melakukan relaksasi. Anda bisa duduk minum teh tanpa gangguan, menyiram tanaman atau hal lain yang membuat pikiran jadi lebih tenang dan terhindar dari stres.

"Stres akan meningkatkan risiko terkena flu, karena menghambat kemampuan tubuh untuk memproduksi molekul sitokin," kata  Ather Ali, Asisten kepala Complementary/Alternative Medicine Research di Yale-Griffin Prevention Research Center.

Molekul tersebut berfungsi memicu respon melawan penyakit dari sistem kekebalan tubuh. Lagipula, saat stres Anda akan cenderung sulit tidur,  makan tak teratur dan mengabaikan kesehatan.

Selalu cuci tangan
Tangan Anda merupakan sarang virus dan bakteri. Jadi, pastikan setelah dari kamar mandi atau luar rumah, cuci tangan dengan sabun. Jangan lupa segera keringkan, agar tak jadi lembab. Ingatlah, bakteri akan lebih mudah menyebar pada suhu yang lembab dibandingkan suhu yang kering.

Tidur cukup
Kurang tidur yang terus-menerus bisa menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh. Faktanya, penelitian yang dilakukan tim dari Carnegie Mellon University 2009 menemukan bahwa, seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari, risiko terkena flu bisa mencapai tiga kali lipat. (eh)

TERKAIT
TERPOPULER