Mengenali Migrain

VIVAnews – Banyak orang menderita migrain tapi tak menyadarinya. Mereka masih sulit membedakan gejala migrain dengan sakit kepala lainnya.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

Apakah Anda juga mengalami hal itu? Untuk mengenali informasi tentang migrain, simak tanya jawab yang dikutip dari situs National Headache Foundation.
 
Tanya: Bagaimana caranya saya bisa mengetahui apakah sakit kepala yang saya alami adalah migrain dan bukan jenis sakit kepala lainnya?

Jawab: Anda bukanlah satu-satunya orang yang mengalami kebingungan memastikan rasa sakit di kepala yang Anda alami. Banyak orang juga tak bisa memastikan apakah sakit di kepala merupakan migrain atau hanya sakit kepala biasa.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Tapi ada beberapa ciri yang bisa Anda jadikan acuan mengenali migrain. Rasa sakit kepala akibat migrain terjadi hanya di salah satu sisi kepala.

Sakit kepala di kedua sisi belakang kepala mengindikasi adanya tekanan darah tinggi. Pusing di sekitar pelipis dan tulang mata terjadi karena konsumsi alkohol atau rokok. Sedangkan pusing akibat sinus biasanya terjadi di sekitar area hidung hingga ke ubun-ubun.

Tanya: Mengapa saya selalu mengalami migrain saat menstruasi?

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Jawab: Sekitar 70 % wanita mengalami migrain karena perubahan hormone yang fluktuatif. Semakin mendekati masa menapouse, hormone estrogen akan semakin menurun dan serangan migrain akan semakin kuat.

Tanya: Apakah migrain penyakit keturunan ?

Jawab: Ya, migrain bisa terjadi menurun dalam keluarga. Faktanya, jika salah satu orang tua Anda mengalami migrain, Anda memiliki risiko 50% menderita migrain juga. Jika kedua orang tua Anda menderita migrain, risiko Anda menjadi 75%. Bahkan bisa juga menurun dari garis keturunan tak langsung misalnya paman, bibi, bahkan saudara kakek atau nenek Anda. Anda masih memiliki risiko 20%.

Tanya: Makanan apa yang bisa memicu migrain?

Jawab: Salah satu pemicu migraine adalah coklat, daging olahan, keju, alkohol, makanan yang diasinkan atau diasamkan, buah sitrus, pisang, dan tambahan monosodium glutamat (MSG). Makanan-makanan tersebut bisa memicu serangan migrain dan membuat sakit kepala Anda semakin parah.

Coklat mengandung vasoactive amines yang bisa melebarkan pembuluh darah dan membuat sakit kepala. Sedangkan daging olahan mengandung zat tambahan nitrat yang juga menyebabkan pembuluh darah di kepala melebar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya