Wanita Ini Fobia Tangga Selama 38 Tahun

Louise Wilson wanita fobia tangga
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAnews - Kepala Louise Wilson, 43, langsung terasa sakit dan berputar-putar, tangannya berkeringat, dan perutnya mual tiap kali berada di dekat tangga. Baginya, tangga adalah sesuatu yang sangat menyeramkan dan ia merasa kembali sehat bila tak berada di sekitar anak tangga.

Akibat fobianya pula, selama 38 tahun Louise harus melewatkan banyak hal dalam hidupnya. Dia harus menolak banyak pekerjaan karena kantornya tidak menggunakan lift. Wanita ini juga hanya bisa bertemu guru putranya di lantai satu sekolah.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Dalam salah satu episode yang paling mengerikan, Louise harus bersimpuh sambil menyeret tubunya menuruni tangga. Saat itu, lift di toko yang dia kunjungi mati sehingga semua pengunjung harus turun tangga.

"Saat itu saya berusia 20-an, dan saya hampir mencapai lantai paling atas. Namun lift tiba-tiba berhenti dan macet. Semua orang yang ada didalamnya harus turun lewat tangga," katanya. Dengan rasa panik sekaligus malu, dia dudukĀ  bersimpuh sambil menyeret tubuh menuruni anak tangga satu persatu sambil menempel di dinding.

Rasa takut yang dikenal sebagai bathmophobia telah dia derita sejak berusia lima tahun. Ketika cilik, Louise jatuh meluncur dari anak tangga saat bermain. Dari situ, Louise yang trauma lantas mengembangkan ketakutan naik tangga. Semakin dewasa, ketakutannya akan tangga makin bertambah hingga akhirnya tak dapat menaiki tangga sama sekali.

Bathmofobia, menurut ahli, paling banyak disebabkan pengalaman negatif yang berhubungan dengan benda curam, seperti jatuh di bukit atau tangga.

Ibu satu anak ini mulai berpikir mengatasi fobianya saat sang anak mengajaknya berlibur mengunjungi istana yang memiliki tangga. Setelah mengunjungi seorang hipnoterapis, warga Coventry Inggris mengetahui dirinya fobia terhadap kecuraman terbuka.

Russel Hemming, hipnoterapis mengatakan, "Awalnya dia mengeluh takut ketinggian. Tapi setelah beberapa sesi, ketakutan yang paling utama adalah terhadap tangga, terutama tangga terbuka." ujarnya seperti dikutip Daily Mail.

Dalam beberapa minggu setelah proses pemulihan mental atas trauma, perlahan ketakutan berlebih Louise mulai memudar. Kini, Louise dapat naik-turun tangga dengan normal. "Saya akhirnya merasa bisa hidup dengan normal sekarang,"

Dengan dirinya yang baru, Louise mengaku dapat bepergian bersama keluarga tanpa khawatir memutar otak bagaimana caranya menghindari tangga. "Saya masih belum 100 persen merasa nyaman di dekat tangga, tapi bisa mengendalikannya. Saya harap dalam beberapa waktu lagi saya takkan terganggu lagi."

Baca juga:

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Gadis 10 Tahun Melahirkan di Meksiko

Wanita Ini Menderita Fobia Pria

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024