Bangun Pagi Lebih Semangat

VIVAnews – Musim penghujan belum berlalu. Hingga pagi hari pun kadang langit sering tertutup awan kelabu atau diguyur hujan deras.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Kondisi pagi yang mendung dan dingin tentu membuat Anda enggan beranjak dari tempat tidur. Tapi pagi yang muram jangan menjadi alasan untuk malas bangun dan pergi beraktivitas.

Bagaimana caranya supaya Anda bisa lebih semangat saat bangun pagi?

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Bangkitkan energi dengan warna

Percaya atau tidak, warna bisa membangkitkan mood secara otomatis.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

“Melihat warna terang dan segar akan membuat pandangan lebih cerah saat Anda membuka mata. Warna-warna cerah seperti merah, oranye, atau kuning bisa membangkitkan semangat Anda,” kata Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Pantone Color Institute.

Agar Anda bisa beristirahat dengan tenang, memang untuk kamar tidur disarankan warna-warna lembut. Tapi memberikan sentuhan warna cerah sangat baik untuk keseimbangan dan membangkitkan energi.

Anda bisa mengaplikasikan warna cerah sebagai aksen misalnya di satu sisi dinding kamar, pada bantal, selimut, atau karpet.

Warna-warna itu juga akan membuat selera makan meningkat sehingga Anda tidak melewatkan sarapan.

Posisikan tempat tidur dekat jendela

Apakah kamar tidur Anda memiliki jendela? Kalau ya, letakkan tempat tidur Anda pada posisi yang bisa terkena sinar matahari. Tak perlu langsung berada di sisi jendela, yang penting sinar matahari bisa masuk melalui celah-celah bukaan dan menerangi kamar. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bahwa hari sudah terang.

"Cahaya matahari pagi menghambat keluarnya hormon serotonin yang membuat Anda mengantuk. Sinar matahari juga meningkatkan hormon endorfin yang membuat mood Anda baik dan bersemangat,” ujar James B. Maas, PhD, professor di Departemen Psikologi Cornell University.

Minum air putih

Saat tidur, tubuh kehilangan cairan. Itulah sebabnya kita sering merasa lemas dan dehidrasi saat bangun. Langsung minum segelas air putih saat bangun tidur agar tubuh memperoleh cairan kembali.

“Segala aktivitas yang dilakukan tubuh membutuhkan cairan. Jika kurang cairan, sistem tubuh harus bekerja lebih keras. Itu yang membuat kita kelelahan,” kata Holly Andersen, MD, asisten profesor di Weill Cornell Medical Center.

Faktanya, hanya kehilangan 2% cairan tubuh bisa membuat kondisi fisik dan mental Anda menurun. Jadi, jangan sepelekan minum air putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya