Pengajian Awali Prosesi Siraman Ibas-Aliya

Presiden SBY di acara Lamaran Ibas dengan Aliya Hatta , Selasa (26/4)
Sumber :
  • Abror Rizki/Biro Pers Istana Presiden

VIVAnews - Putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro, dan Siti Ruby Aliya Rajasa akan menjalani prosesi siraman di kediaman masing-masing. Prosesi menggunakan adat Jawa ini akan didahului dengan pengajian.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, pengajian akan berlangsung di kediaman masing-masing calon mempelai, Selasa, 22 November 2011.

Di rumah Aliya, di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, pengajian dimulai terlebih dahulu sekitar pukul 09.30. Sementara pengajian di kediaman Ibas, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, dimulai sekitar pukul 10.00.

Setelah pengajian selesai, acara dilanjutkan dengan ritual siraman menggunakan adat Jawa. Dalam upacara ini, sejumlah orang yang dituakan akan memandikan mempelai sebagai simbol pembersihan atau penyucian sebelum melangsungkan pernikahan.

Saat siraman, mempelai biasanya mengenakan busana berupa kemben, berpadu dengan sampiran roncean melati untuk menutup bagian pundak dan dada. Khusus wanita, roncean melati biasanya juga membingkai bagian kepala sebagai bando untuk pemanis.

Prosesi siraman di kediaman Aliya akan ditangani langsung oleh perias kondang, Tienuk Riefki. Diperkirakan berlangsung sekitar pukul 11.00, usai pengajian. Sedangkan siraman di kediaman Ibas, Tienuk mengirim tim yang sudah dipersiapkan khusus. Acara ini diperkirakan berlangsung hingga sekitar pukul 12.00.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick
Penyakit Demam Berdarah di Jakarta dikatakan meningkat sejak memasuki tahun 2024.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Angka kasus demam berdarah di Indonesia kembali meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan hingga Kamis sore 28 Maret 2024 tercatat sudah ada 390 kematian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024