10 Cara Mengontrol Tekanan Darah

VIVAnews – Hidup sehat itu tak sulit. Perubahan sederhana dalam gaya hidup sehari-hari sudah cukup untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita. Untuk mengontrol tekanan darah kita agar tetap normal, ada 10 cara yang mudah dilakukan.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

1.Kurangi berat badan. Pastikan indeks massa tubuh, ukuran antara berat badan berbanding dengan tinggi, berada dalam jarak 18,5 – 24,9 kg/m2 dan anda akan membantu kinerja jantung dan tekanan darah anda hingga bekerja lebih baik. Coba berpikir seperti ini, berat badan ekstra yang dibawa tubuh kemana-mana ini seperti batu bata dalam tas punggung, menekan setiap bagian tubuh.

2. Makanlah serat gandum sebanyak-banyaknya. Tujuh hingga delapan porsi sehari gandum dan produk turunannya, termasuk sereal untuk sarapan pagi, roti gandum, nasi, pasta dan lain-lain.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

3. Makanlah buah-buahan dan sayuran sebanyak-banyaknya. Delapan hingga 10 porsi sehari terdiri dari buah-buahan berwarna dan sayuran akan mendorong kecukupan antioksidan yang menyehatkan, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh.

4. Susu. Minumlah 2-3 gelas susu rendah lemak sehari atau produk-produk susu rendah lemak juga akan membantu menguatkan tulang, gigi, dan meningkatkan pengurangan berat badan.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

5.Batasi daging, ikan, dan ayam, maksimun dua kali sehari. Gantilah menu daging anda dan nikmati makanan dari gandum. Bila memilih menu daging, ikan atau ayam, ambilah selalu jenis yang tanpa lemak.

6. Perbanyak konsumsi kacang-kacangan, juga biji-bijian dan polong dalam menu diet anda. Kacang-kacangan mengandung banyak protein dan lemak yang menyehatkan.

7. Batasi lemak dan minyak hanya dua hingga tiga kali saja per hari. Lemak adalah yang sumber kalori paling banyak. Membatasi konsumsi lemak dan minyak akan membantu mengontrol berat badan anda.

8. Kurangi garam. Batasi konsumsi sodium maksimum 2400 miligram sehari. Ini beararti kurangi konsumsi makanan kaleng atau yang sudah diawetkan, dan perbanyak makanan segar.

9.Bergeraklah. Olah tubuh setidaknya 30 menit sehari secara signifikan akan mengurangi tekanan darah anda. Beragam bentuk aktivitas fisik, yang dilakukan setiap hari juga bisa dianggap sebagai latihan.

10. Kurangi konsumsi alkohol maksimum hanya dua kali sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya