Bintang 'Twilight' Bawa Keuntungan Bagi Film

Robert Pattinson dan Kristen Stewart - Reuters
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville

VIVAnews – Film ‘Twilight’ bukan hanya sekadar sensasi budaya, tetapi juga fenomena dalam hal keuangan. Sekuel terbarunya ‘The Twilight Saga: Breaking Dawn: Part 1’ berada di peringkat satu box office Amerika Serikat (AS) selama tiga pekan berturut-turut dan menghasilkan pendapatan sebesar US$588 juta di seluruh dunia. Total, empat rangkaian seri ‘Twilight’ telah mengantongi pendapatan sebesar US$2,4 miliar.

Bunga Zainal Pamer Saldo 271 T, Netizen: Sombong! Sindir Sandra Dewi?

Dua film pertama ‘Twilight’ menghabiskan biaya produksi sebesar US$37 juta dan US$50 juta. Adapun sekuel terbaru ‘Twilight’  menghabiskan biaya produksi lebih tinggi dengan perkiraan anggaran sebesar US$110 juta. Salah satu penyebab naiknya biaya produksi karena dua bintang utama film tersebut, Kristen Stewart serta Robert Pattinson dibayar lebih mahal.

Maka tak mengherankan jika Stewart menempati urutan pertama dan Pattinson urutan ketiga dalam daftar ‘Hollywood’s Best Actors for the Buck’ yang dirilis oleh Forbes.com, Selasa, 6 Desember 2011 waktu setempat. ‘Hollywood’s Best Actors for the Buck’ merupakan daftar peringkat bintang film Hollywood yang membawa keuntungan lebih tinggi bagi film atau rumah produksi dibandingkan gaji mereka.

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Setiap Stewart dibayar US$1, film mengantongi rata-rata pendapatan US$55,83. Sementara setiap Pattinson dibayar US$1, film mengantongi rata-rata pendapatan sebesar US$39,43.

Lantas mengapa Stewart bisa mengalahkan Pattinson padahal keduanya bermain bersama dalam seluruh seri ‘Twilight’? Rupanya Forbes mengamati tiga film yang dibintangi para aktor atau aktris selama lima tahun belakangan. Pattinson tercatat bermain dalam film ‘Remember Me’ dan ‘Water of Elephants’ dalam dua tahun belakangan. Kedua film tersebut kurang berhasil di pasaran dan menurunkan angka Pattinson.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Dalam membuat daftar ‘Hollywood’s Best Actors for the Buck’, Forbes mengamati 40 aktor atau aktris berpenghasilan paling tinggi di Hollywood. Dari daftar tersebut disaring lagi menjadi aktor atau aktris yang setidaknya bermain dalam tiga judul film selama lima tahun terakhir dan film tersebut diputar di lebih dari 500 bioskop.

Adapun film yang dirilis setelah tanggal 1 Mei tidak masuk dalam hitungan.
Forbes juga menggunakan data dari  daftar tahunan Celebrity 100 untuk menghitung keuntungan yang diperoleh setiap aktor atau aktris dari setiap film yang mereka bintangi. Setelah itu, mereka mengamati perkiraan anggaran setiap film (tidak termasuk biaya pemasaran) dan pendapatan dari DVD dan box office untuk mengetahui pendapatan operasional dari setiap film.

Berada di peringkat dua daftar ‘Hollywood’s Best Actors for the Buck’ adalah aktris Anne Hathaway. Setiap Hathaway dibayar US$1, film mengantongi rata-rata pendapatan US$45,67. Bintang 'Harry Potter', Daniel Radcliffe berada di peringkat empat, sementara aktor 'Transformers', Shia La Beouf mendarat di posisi lima. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya