Aerobik Lewat Video Senam, Amankah?

Tanya:
Semenjak hamil, berat badan saya naik hingga 20 kg. Kini, setelah sebulan melahirkan, saya (30) ingin secepatnya mengembalikan bobot tubuh ke berat badan semula.

Karena tidak ingin meninggalkan bayi untuk pergi ke gym, saya memutuskan melakukan olahraga lewat DVD senam di rumah. Apakah senam melalui video itu aman dilakukan, khususnya bagi saya yang baru sebulan melahirkan? Karena ada beragam jenis, senam apa yang dokter sarankan untuk kondisi saya?

kenxxx@cbn.net.ida

Jawab:
Senam melalui panduan video memang olahraga yang praktis dan murah. Namun, karena Anda baru sebulan melahirkan, tampaknya kondisi tubuh Anda belum sepenuhnya pulih. Karena itu, sebaiknya Anda jangan dulu melakukan olahraga yang terlampau berat, salah satunya, latihan fisik lewat video senam. Ada baiknya, Anda menunggu hingga kondisi tubuh pulih 100%, sekitar 3-4 bulan selepas bersalin, agar tubuh tidak rentan cedera.

Saat ini, jika ingin menjaga tubuh tetap bugar, Anda bisa menjalani aktivitas fisik setahap demi setahap. Mulailah dari berjalan kaki sekitar 30 menit selama 3-4 kali seminggu. Selain itu, Anda juga dapat menyelingi kegiatan jalan kaki dengan bersepeda stationer selama 30 menit.

Nah, setelah 3-4 bulan kemudian, Anda dapat mencoba olahraga yang dipandu lewat video senam. Namun, jenis senam sebaiknya yang low impact, seperti yoga atau aerobik. Karena tidak langsung didampingi instruktur, ikutilah petunjuk dengan benar, dan lakukan porsi latihan atau gerakan sesuai kemampuan Anda, sehingga terhindar dari risiko cedera.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024