Tingkatkan Konsentrasi Tanpa Kafein

Wanita Mengantuk
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Mata Anda terasa sangat berat? Menguap berkali-kali? Setelah makan siang, antara pukul dua hingga lima sore, level energi memang terus menurun. Biasanya, minum kopi atau mengonsumsi makanan manis jadi andalan.

Keduanya memang bisa secara cepat membangkitkan energi, namun beberapa jam kemudian tubuh akan sangat lelah, mengantuk, dan menurunkan tingkat konsentrasi. Menurut chronobiologis, para ilmuwan yang mempelajari ritme biologis tubuh, pemicu rasa kantuk dan lelah pada sore hari, adalah hipotalamus. Yaitu, bagian otak yang mengatur fungsi vital seperti denyut jantung, produksi hormon, dan tekanan darah.

Ada hubungan langsung antara temperatur tubuh dengan kontrol hipotalamus. Yaitu, ketika suhu tubuh menurun, kemampuan mental dan kognitif juga banyak berkurang.

"Suhu tubuh meningkat di pagi hari, siang hari, dan puncaknya sekitar pukul satu. Kemudian, pada sore hari akan menurun," kata Michael Smolensky, PhD, penulis buku The Body Clock Guide to Better Health, seperti dikutip dari Oprah.com.

Agar Anda tak selalu mengandalkan kopi atau makanan manis untuk kembali meningkatkan energi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

- Cukup tidur


Dengan kebiasaan melakukan segalanya serba cepat, akan membuat Anda kurang istirahat. Kombinasi dari kecenderungan biologis jam tubuh kurang tidur menyebabkan penurunan tingkat konsentrasi secara drastis pada sore hari.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Jadi, usahakan untuk selalu cukup tidur, karena saat tidur sel-sel otak juga melakukan proses perbaikan. Ini sangat penting untuk mempertahankan konsentrasi.

- Sarapan


Menurut Elizabeth Somer, seorang ahli diet dan penulis buku 'Food & Mood: The Complete Guide to Eating Well and Feeling Your Best', sembilan dari 10 orang yang tidak sarapan, akan merasa sangat kelelahan dan sulit berkonsentrasi pada sore hari.

Pastikan Anda memulai aktivitas dengan sarapan, karena ini adalah 'modal' energi. Ia juga menyarankan untuk mengonsumsi perpaduan karbohidrat dan protein sebagai menu makan siang untuk memaksimalkan energi dan mempertahankan konsentrasi.

- Jalan-jalan setelah makan siang

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Aktivitas fisik adalah sumber energi. Setelah makan siang, tak ada salahnya untuk berjalan-jalan di sekitar kantor. Lagipula, terkena paparan cahaya matahari bisa meningkatkan konsentrasi.

- Sinkronisasi pekerjaan dengan level energi

Sebaiknya lakukan pekerjaan sulit dan membutuhkan konsentrasi tinggi pada pagi hari. Itu karena level energi dan konsentrasi masih sangat tinggi.

"Jika memungkinkan, cobalah sesuatu yang merangsang kreativitas dan menarik, tapi tak menguras energi pada sore hari," kata Thomas Lauda, PhD, pelatih manajemen. (art)

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024