Sajian Lezat Cap Go Meh

VIVAnews – Kemeriahan Tahun Baru Imlek yang dirayakan masyarakat China biasanya ditutup dengan perayaan Cap Go Meh. Perayaan itu digelar di hari ke-15 tahun baru yang jatuh pada Senin, 9 Februari nanti.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Cap Go Meh berarti ‘malam ke-15’. Perayaan ini ditujukan untuk merayakan bulan purnama pertama di tahun baru. Sejatinya, perayaan Cap Go Meh lebih meriah daripada Imleknya sendiri. Di negeri asalnya, pada saat perayaan Cap Go Meh, masyarakat China mengadakan pesta lampion beraneka rupa dan warna.

Mereka turun ke jalanan dan mengadakan karnaval untuk menikmati sinar bulan purnama. Kemudian para keluarga berkumpul untuk menikmati hidangan yang meriah.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Masakan yang umum disajikan saat perayaan Cap Go Meh di China adalah mi. Hidangan itu merupakan simbol panjang umur. Tapi di Indonesia, tradisi Cap Go Meh sangat lekat dengan hidangan lontong cap go meh. Menu khas Jawa itu telah menjadi masakan peranakan yang lahir akibat akulturasi budaya Jawa dan China.

Menu lontong cap go meh biasanya terdiri atas lontong yang dinikmati bersama opor ayam, sambal goreng hati ampela, sayur lodeh, telur pindang, dan sebagainya. Tapi masyarakat China yang tinggal di Indonesia punya resep masing-masing saat merayakan Cap Go Meh.

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Di Jawa Tengah, terutama Semarang, satai dan serundeng menjadi ciri khas lontong cap go meh. Sedangkan di Jawa Timur, biasanya lontong dihidangkan bersama telur petis, bumbu hitam yang menjadi bumbu khas Jawa Timur.

Bagi Anda warga Jakarta yang ingin menikmati kelezatan lontong cap go meh, coba saja ke Restoran Dapur Babah. Resto yang terletak di Jakarta Pusat ini menghidangkan lontong cap go meh tepat di hari Perayaan Cap Go Meh.

Di resto yang menyediakan masakan peranakan ini, lontong cap go mehnya terdiri atas lontong, opor ayam, sayur labu, telur rebus, satai ayam, udang goreng kering, dan peyek ebi. Penyajian lontongnya sangat unik. Lontong ditusuk dengan tusuk satai, lalu disajikan berdiri. Kemudian ditambahkan seluruh hidangan pelengkapnya. Sebagai pelengkap, ditambahkan bubuk kedelai dan bubuk ebi yang gurih.

Untuk teman menyantap lontong cap go meh yang lezat itu, Anda bisa menikmati minuman tradisional wedang ronde yang hangat. Rasa jahenya sangat terasa dan menghangatkan tenggorokan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya