Tangan dan Kaki Dingin, Penyakit Mengintai

Perawatan kulit saat udara dingin
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Saat udara dingin, tangan dan kaki seringkali terasa dingin. Hal ini normal, sebagai cara tubuh mempertahankan kehangatan dengan cara mengurangi sirkulasi darah.

Namun, ada beberapa gejala yang harus diwaspadai yang menandakan adanya masalah kesehatan serius. Beberapa gejala yang menandakan adanya gangguan saraf atau sirkulasi sehingga membutuhkan bantuan medis.
Seperti dimuat Shine, ini beberapa di antaranya:

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?

1. Terus-menerus mengalami rasa dingin di tangan dan kaki
2. Perubahan warna kulit
3. Rasa kebas
4. Perasaan geli
5. Luka atau lecet
6. Kulit mengencang atau mengeras

Penyakit yang terkait dengan tangan dan kaki dingin
Menurut Mayo Clinic, penyakit yang umum terkait dengan tangan yang terasa dingin adalah anemia, penyakit Buerger, diabetes, penyakit arteri perifer (PAD), penyakit Raynaud, dan skleroderma.

Semua penyakit ini dapat mengurangi sirkulasi darah secara signifikan.  Dalam buku berjudul 'The Body Signs' yang ditulis Joan Liebmann-Smith dan Jacqueline Nardi Egan, tangan dan kaki yang terasa dingin terus-menerus juga bisa jadi karena adanya reaksi obat tertentu seperti penghambat beta dan tiroid serta obat migrain.

Frostbite

Tangan dan kaki yang sangat dingin dapat menyebabkan radang dingin (frosbite). Saat tubuh berada di bawah suhu beku dalam waktu lama, jaringan kulit dapat membeku dan menyebabkan radang dingin. Radang dingin paling sering terjadi pada tangan dan kaki, hidung, serta telinga.

Bila mengalaminya, Anda akan menjadi mati rasa atau kesemutan, dan kulit akan seputih lilin dan sulit disentuh. Pada kasus yang parah, kulit bisa melepuh dan menghitam akibat sel-sel yang mati. Jika mengalaminya, segeralah ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan darurat.

Indonesia Jadi Anggota Penuh Satgas Aksi Keuangan di FATF, Ini Tujuannya

Untuk menjaga kehangatan tubuh selama udara dingin, disarankan menggunakan pakaian hangat seperti jaket, dan sarung tangan untuk membantu mempertahankan kehangatan tubuh. (ren)

Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024