Tidur Cukup, Jantung Sehat

VIVAnews - Tidur lebih lama membantu kinerja jantung anda. Demikian hasil penelitian terbaru. Tambahan jam tidur itu diasosiasikan dengan penurunan 33 persen dari resiko pengapuran arteri koroner setelah lima tahun.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Dalam jangka panjang,  menurut peneliti di Jurnal Asosiasi Kesehatan Amerika, ini bermanfaat menggurangi resiko serangan jantung atau apapun yang terkait dengan penyakit jantung. Meskipun studi lebih lanjut diperlukan untuk mengecek ulang.

Studi soal pengapuran arteri koroner ini dilakukan pada sekitar 500 orang berusia paruh baya di AS selama periode lima tahun.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Arteri koroner mensuppali darah kaya oksigen ke otot jantung. Dalam kasus penyakit arteri koroner, plak terbentuk didalam saluran dinding arteri koroner, sehingga mempersempit arteri. Kalsium adalah salah satu komponen pembentuk plak. Lebih banyak plak, maka lebih banyak kalsium di dalam arteri.

Saat awal penelitian, partisipan menjalani pemindaian atas arteri koroner mereka mengunakan computed tomography (CT), dan juga pada akhir penelitian.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Semua partisipan mengenakan alat di pergelangan tangan selama enam hari selama penelitian untuk mengukur aktivitas mereka, dan menginformasikan soal kebiasaan tidur mereka.

Kelompok  ini tidur rata-rata tidur enam jam tiap malam. Beberapa orang tidur lebih dari delapan jam per  malam, dan menginformasikan kebiasaan tidur mereka, kata laporan Universitas Chicago, Christopher Ryan King dan koleganya.

Partisipan kemudian dipindai lagi arteri koronernya, pada akhir penelitian selama lima tahun itu. Sekitar 12 persen mengalami peningkatan pengapuran arteri koroner. Mereka yang tidur lebih lama, yang ditegaskan dengan data monitor dari alat di pergelangan tangan, mengalami pengapuran arteri koroner lebih rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya