Mengenal Pasta Italiano

pasta
Sumber :

VIVAnews - Apa Anda pernah mengalami kebingungan saat memasuki barisan pasta di supermarket? Semuanya tersusun rapi di dalam rak, dari ukuran besar, kecil, bentuk lurus atau keriting.

Pasta adalah makanan khas Itali yang sudah cukup populer. Rasanya pun mudah menyatu di lidah, jarang orang yang tidak menyukai makanan yang satu ini.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Menurut sejarah, pasta di bawa oleh Marcopolo usai ia berkunjung dari China. Seiring kemajuan zaman bentuk pasta pun menjadi banyak ragamnya sesuai dengan kebutuhan. Berikut beragam pasta tersebut:

Spaghetti
Pasta satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Memiliki bentuk yang lurus seperti lidi dan berwarna putih ke kuningan. Biasanya disajikan bersama saus bolognaise (saus tomat dengan daging cincang).

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Lasagna
Berbentuk lembaran tipis dengan panjang 27 cm, lebar 5 cm. Dapat dijumpai dalam 3 warna merah berasal dari wortel, hijau dari bayam dan kuning rasa original. Biasanya lasagna dimasak dengan cara dipanggang dan tiap lapisannya diberi daging cincang, saus tomat dan saus bechamel.

Conchiglioni
Pasta satu ini bentuknya hampir menyerupai kerang dan berukuran kecil. Pasta ini biasanya digunakan sepagai campuran salad atau sup.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Orzo
Berbutir kecil menyerupai beras. Pasta ini juga dikenal sebagai beras Italia. Biasanya diolah dalam bentuk hidangan kaserol dengan campuran daging dan keju.

Angel hair
Sekilas pasta ini hampir mirip dengan spagetti hanya saja ukurannya lebih tipis dan memiliki nama lain yaitu capelini. Penyajiannya juga tidak jauh berbeda dengan spaghetti sama-sama dicampur ke dalam saus.

Cannelloni
Bentuknya seperti pipa berlubang berukuran panjang sekitar 5 cm. Cocok dimasak bersama keju dan daging dengan cara dipanggang.

Farfalle
Pasta farfalle adalah pasta yang berbentuk seperti dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Pasta ini sering disajikan bersama saus creamy atau sebagai campuran salad.

Macaroni
Nama pasta yang satu ini pasti sudah umum di telinga kita. Bentuknya yang melengkung dengan bulatan di tengahnya sering kita jumpai di hidangan sup.

Fettuccini
Pipih dan lebar sekilas bentuknya seperti kwetiau. Pasta ini dapat dijumpai dalam beberapa warna, salah satunya warna hitam yang berasal dari tinta cumi.

Ravioli
Bentuknya hampir menyerupai bantal dengan gerigi di pinggirnya. Ini salah satu jenis fresh atau basah tidak kering seperti pasta lainnya. Di dalamnya terdapat isian bayam yang telah dimasak sebelumnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya