Motif Batik di Tahun Naga Air

Batik Naga
Sumber :

VIVAnews - Menjelang perayaan tahun baru Imlek, perajin batik mengembangkan motif batik yang lekat dengan ikon budaya China. Di antaranya, kosmologi Yin dan Yang, Naga dan Barongsai menjadi motif batik yang dieksplorasi.

Pemilik batik Mahkota, Julianni Prasetyaningrum, mengatakan bahwa pihaknya memang sengaja mengeksplorasi motif sesuai dengan momentum Imlek.

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Misalnya, pada kongres PSSI yang berlangsung di Solo pada November lalu, dirinya mengeksplorasi batik motif bola. Hasilnya, batik tulis buatannya pun diborong oleh para pembeli.

"Nah, kalau Imlek ini kami mengembangkan motif batik parang Naga dengan tambahan motif Yin dan Yang. Untuk warnanya pun kami mengaplikasikan warna merah dan kuning, sebagai warna kebanggan bagi masyarakat Tionghoa," kata Julianni kepada VIVAnews.com, Sabtu 21 Januari 2012.

Batik Naga

Lantaran menarik dan sesuai dengan momen perayaan Imlek, Julianni mengaku bahwa batik yang diproduksinya pun laris keras.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Namun, bagi dirinya, mengeksplorasi batik dengan motif ikon China sebetulnya ingin menunjukkan bahwa batik begitu terbuka untuk dieskplorasi.

"Kalau dari sisi mode busana sudah terbukti bahwa batik bisa dikreasikan dengan potongan yang modern. Nah, sekarang, giliran motif batik yang dieksplorasi," jelasnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh Batik Danar Hadi, yang mengeluarkan batik dengan motif Barongsai. Warna yang digunakan pun warna kuning.

"Kami memang sengaja mengembangkan motif yang dekat dengan ikon budaya China, dengan potongan busana yang lebih modern. Karena kami ingin menunjukkan bahwa batik itu terbuka, baik dari segi motif dan potongan busananya," ujar Area, sales coordinator Batik Danar Hadi. (art)

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh
Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 28 Maret 2024. Namun, ada beberapa

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024